OMAN KEMBANGKAN WISATA SYARIAH

Halal Oman (Foto : Times Of Oman)
Halal Oman (Foto : Times Of Oman)

Oleh : Dr Dileep M.R.

Oman mempunyai salah satu tujuan wisata paling menakjubkan di kawasan yang harus dimanfaatkan dalam  ‘pariwisata halal’. Negara Islam ini merupakan salah satu negara di dunia, yang  tercepat perkembangan pariwisata-nya.

Banyak daerrah tujuan wisata di seluruh dunia telah mengambil langkah-langkah untuk memikat bergelombang kecenderungan perjalanan Muslim, lazim disebut , dengan memastikan layanan eksklusif dan fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan segmen ini.

Di GCC, Dubai dan Abu Dhabi yang cepat bergerak maju dengan inisiatif ‘pariwisata halal’ dan upaya branding untuk mengambil keuntungan dari lingkungan budaya dan agama dalam negeri untuk menarik subkategori ini sektor pariwisata yang terdiri dari wisatawan mematuhi aturan Syariah.

Oman  memiliki keunguln karena fitur alam yang mempesona, budaya dan warisan-warisan masa lalu  yang indah. Dapat dikatakan, Oman memiliki semua alasan untuk mempromosikan ‘pariwisata halal’ sebagai kategori yang paling menonjol di negeri ini, dan juga sebagai lokasi investasi yang kompetitif untuk ‘pariwisata halal’ .

Munculnya segmen wisata syariah  sebagai salah satu wisata utama saat ini, merupakan evolusi alami yang terjadi seiring dengan perkembangan ekonomi yang dinikmati berbagai lapisan masyarakat.  Sekali waktu, dulu, pariwisata, terbatas pada beberapa: “orang kaya dan bangsawan ‘,  kelas atas kerajaan-kerajaan kolonial, dan misionaris agama .

Saat ini, industri pariwisata, telah merambah ke hampir semua masyarakat di seluruh dunia, dengan demikian mengidentifikasi segmen pasar baru, terbaru adalah pariwisata segmen muslim yang memiliki karakteristik khusus tertentu, dengan tuntutan untuk layanan eksklusif dan fasilitas.

Baca Juga:  Ini Kekuatan Media Online di Era Digital

Bagi Oman misalnya, mewujudkan wisata outbound cepat tumbuh dari wilayah Arab, terutama dari GCC. Menurut Asosiasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO), Oman wisata outbound ini berkembang pesat.

Pada tahun 2010, pengeluaran dilakukan oleh wisatawan Oman di luar negeri meningkat sebesar 36 persen ($ 1768m) dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun 2012 mengalami peningkatan dari 12 persen dan tahun depan, itu lebih dari 10 persen ($ 2184m).

‘Pariwisata Halal’ merupakan bentuk pariwisata yang pengaturan khusus dibuat untuk wisatawan muslim masuk yang mencari layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip agama mereka, seperti restoran yang menyajikan daging halal dan hotel dengan daerah doa khusus, dengan tempat yang ditentukan tidak melayani alkohol.

Selain itu, mereka juga dapat mencari kolam renang yang terpisah atau pantai untuk pria dan wanita. Pada saat yang sama, itu tidak berarti bahwa ‘pariwisata halal’ adalah semua tentang menawarkan tempat wisata yang religius terkait.

World Travel dan Pariwisata Council (WTTC), badan profesional global terkemuka di bidang pariwisata, telah mengidentifikasi jenis pariwisata sebagai segmen sub berkembang pesat.

Menurut mereka, ini sub-kategori sektor pariwisata difokuskan terutama pada individu mematuhi aturan Syariah. “Hotel di sini tidak melayani alkohol, spa memiliki wilayah yang terpisah untuk pria dan wanita, program keagamaan yang ditawarkan sebagai bagian dari hiburan dalam penerbangan, dan timing doa diumumkan kepada semua,” laporan WTTC.

Baca Juga:  Mahasiswa Generasi Baru di AS Beri Harapan kepada Palestina

Mereka memperkirakan bahwa segmen ini tidak hanya mewakili 13 persen dari total global, tetapi akan menjadi bernilai $ 200 miliar pada akhir dekade ini.

Destinasi unggulan bersiap-siap untuk tali di segmen pasar Islam berkembang pesat. Beberapa, bersama dengan memastikan fasilitas dan layanan tertentu,yang dicap sebagai ‘ Tujuan Wisata Halal. ” Turki, misalnya jauh di depan dalam hal ini karena telah memastikan hotel halal yang berkembang cepat dalam beberapa tahun terakhir. Menawarkan rentang yang sangat luas dari layanan syariah compliant, sehingga tujuan yang ideal untuk pariwisata Islam.

Seiring dengan Turki, Malaysia, Indonesia dan Maroko, juga telah bersiap untuk memasuki pasar wisata muslim dunia, karena jumlah populasi Muslim global sekitar 1,6 miliar. Menurut Crescent Lembaga pemeringkat, segmen pasar ini sekarang bernilai $ 140bn (£ 84bn; 106bn euro), dan akan naik hingga $ 192.000.000.000 pada tahun 2020.

Bahkan negara-negara GCC juga mulai mempromosikan ‘pariwisata halal’. Abu Dhabi memimpin dengan menawarkan berbagai paket liburan mengikuti keyakinan dan praktik Islam.

Banyak negara Eropa telah menyadari pentingnya ekonomi segmen pasar wisata syariah yang berkembang cepat ini dan meluncurkan beragam kiat dan usaha untuk menarik wisatawan lebih Muslim berkunjung.

Baru-baru ini, Jepang meluncurkan strategi untuk menarik wisatawan muslim. Makanan halal sedang disusun dan fasilitas khusus sedang dipastikan.

Afrika Selatan telah merumuskan rencana untuk menarik wisatawan halal karena menganggap ‘pariwisata halal’ sebagai tambang emas potensial. Di Asia, Malaysia dianggap sebagai pelopor dalam menarik wisatawan muslim. Investor Arab dilaporkan menghabiskan lebih dari $ 300 juta untuk membangun dua “kota Arab” di Malaka, Malaysia.

Baca Juga:  Refleksi Hardiknas dan Penguatan Kembali Ekosistem Pendidikan Kita

Sementara Muslim terlibat dalam hujan es perjalanan internasional dari negara-negara baik mayoritas Muslim dan minoritas Muslim, daftar negara-negara yang lebih disukai adalah memperluas.

Wisatawan ini sebagian besar berasal dari Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab, Indonesia, Kuwait, Turki, Nigeria, Malaysia, Qatar dan Mesir.

Kesultanan Oman adalah tambahan terbaru ini. Tujuan pilihan mereka adalah Malaysia, Turki, Uni Emirat Arab, Singapura, Rusia, China, Prancis, Thailand dan Italia, karena negara-negara tersebut memenuhi ‘pariwisata halal’. Di Eropa, menurut Crescent Rating, Perancis telah menjadi tujuan yang paling dicari-setelah, diikuti oleh Inggris dan Italia.

Inggris dinobatkan sebagai terbaik halal-ramah tujuan dengan Crescent Rating dan banyak hotel di seluruh Eropa saat ini mulai memberikan layanan eksklusif dan fasilitas untuk melayani wisatawan Muslim.

Untuk Kesultanan Oman, masih diperlukan memperkuat pemanfaatan potensi ‘pariwisata halal’ efektif. Tentu saja, beberapa proyek telah dimulai dengan basis Syariah, bebas alkohol di  hotel dll.

Selain itu, banyak hotel dan pusat-pusat pelayanan lainnya memiliki fasilitas eksklusif sesuai kebutuhan kategori wisatawan ini. Lingkungan budaya lokal tentu merupakan keuntungan bagi mempromosikan jenis pariwisata.

Namun, peningkatan inisiatif dapat membuat tujuan satu ideal untuk ‘pariwisata halal’. Suatu reorientasi dalam strategi dan upaya tentu akan membuat Oman salah satu tujuan wisata paling menarik untuk ‘pariwisata halal’. (T/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://timesofoman.com/News/45341/Article-Time-to-tap-growing-demand-for-%E2%80%98halal-tourism%E2%80%99-segment

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0