Oposisi Israel Ancam Aksi Pembangkangan Sipil Tolak Reformasi Peradilan

Demostrasi menentang Pemerintahan PM Israel Benjamin Netanyahu (Foto: Flash90)

Tel Aviv MINA – mengancam pembangkangan sipil untuk menolak rencana pemerintah membawa reformasi mendasar dari sistem peradilan.

Hampir 80.000 demonstran berkumpul pada Sabtu (14/1) malam di Alun-alun Habima Tel Aviv untuk memprotes pemerintahan baru Perdana Menteri dan rencananya melakukan perubahan menyeluruh pada sistem peradilan. Demonstrasi juga diadakan di Yerusalem dan Haifa, Middle East Monitor melaporkan, Senin (16/1).

Menurut mantan Wakil Kepala Staf Tentara Israel Yair Golan, demonstrasi tidak akan berakhir kecuali pemerintah mundur untuk ‘menghancurkan’ sistem peradilan. Mereka mengancam tingkat pembangkangan sipil yang belum pernah terjadi sebelumnya terancam.

Golan memberi tahu Yedioth Ahronoth bahwa rakyat memiliki dua cara untuk mengubah keputusan pemerintah. Pertama adalah demonstrasi, dan yang kedua melumpuhkan ekonomi melalui pembangkangan sipil.

Netanyahu mendukung usulan peninjauan dan perombakan sistem peradilan. Ia mengklaim jutaan orang Israel memilih mendukung perubahan. Namun, dia menyebutkan kemungkinan amandemen formula yang diusulkan untuk mereformasi sistem. (R/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.