Orang-orang Kristen Koptik Mesir Jadi Target Serangan

Kristen Koptik Mesir. (Foto: Istimewa)

Kairo, MINA – Orang-orang Kristen Koptik Mesir kembali menjadi terget serangan mematikan pada hari Jumat (29/12).

Sembilan orang telah terbunuh setelah seorang pria bersenjata menembaki sebuah gereja Kristen Koptik dan sebuah toko terdekat di dekat Kairo, menurut Kementerian Kesehatan Mesir.

Penyerang tersebut mencoba memasuki Gereja Mar Mina di distrik Helwan, selatan Kairo, setelah menyerang toko Koptik, tempat dia membunuh dua orang. Demikian Al Jazeera memberitakannya yang dikutip MINA.

Juru bicara Kementerian Kesehatan mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa penyerang tersebut tewas, tapi kemudian Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa dia telah ditangkap.

Laporan lokal mengatakan bahwa seorang polisi terluka bersama dengan korban lainnya, yang sebagian besar adalah orang Kristen Koptik.

Kelompok Islamic State (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut melalui sebuah pernyataan di medianya, Amaq, tanpa memberikan bukti.

Menurut Omar Ashour, seorang profesor studi keamanan di Institut Doha, Mesir telah menyaksikan lebih dari 2.000 serangan dalam tiga tahun terakhir.

Menurutnya, orang Kristen Koptik adalah satu dari empat kelompok yang ditargetkan secara konsisten selain kelompok sufi, militer dan polisi. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf