Oscars 2017: Iran dan Jerman Bersaing Diantara Film Asing

Holywood, 17 Rabiul Awwal 1438/17 Desember 2016 (MINA) – Sembilan film telah lolos ke babak berikutnya pada kontes film berbahasa asing terbaik dalam ajang pemilihan . Film-film nominasi Golden Globe tersebut termasuk “Toni Erdmann” dari Jerman dan “The Salesman” dari .

Yayasan Farabi, yang berafiliasi dengan Kementerian Kebudayaan Iran, memilih film “The Salesman,” yang telah memenangkan dua hadiah di festival film Cannes bulan Mei. Iran telah memilih film garapan sutradara pemenang Oscar dari negara itu, Ashghar Farhadi, untuk nominasi Academy Awards.

Berita Sabtu lalu mengatakan, bintang utama “The Salesman,” Sahhab Hosseini memenangkan Palme d’Or untuk aktor terbaik dan Farhadi memenangkan hadiah untuk penulisan naskah film terbaik.

Film tersebut mengisahkan sepasang aktor yang berlatih untuk penampilan dalam film “Death of Salesman” oleh Arthur Miller. Kehidupan pasangan itu berantakan ketika wanitanya dikira orang seorang pelacur dan diperkosa.

Tahun 2012, Farhadi menerima hadiah Oscar pertama Iran ketika filmnya “A Separation” memenangkan hadiah untuk film asing terbaik.

Tetapi thriller Perancis “Elle” yang dibintangi Isabelle Huppert, tidak termasuk dalam nominasi padahal pemain utamanya itu dinominasikan untuk aktris terbaik Oscar.  Ke-sembilan film itu akan diseleksi lagi menjadi lima film ketika nominasi-nominasi Piala Oscar diumumkan pada 24 Januari 2017.

Berikut ini nama-nama film berbahasa asing yang dinominasikan: A Man Called Ove – Swedia, It’s Only the End of the World – Kanada, Land of Mine – Denmark, My Life as a Zucchini – Swiss, Paradise – Rusia, Tanna – Australia, The King’s Choice – Norwegia, The Salesman – Iran dan Toni Erdmann – Jerman.

Kontes Piala Oscar akan digelar tanggal 26 Februari di Dolby Theatre di Hollywood, dengan  Jimmy Kimmel sebagai host. (R01/     )

Sumber: BBC News, Reuters

Miraj Islamic News Agency/MINA

Wartawan: illa

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.