Pacuan Kuda Tradisional Aceh Resmi Dibuka

Banda , MINA – tradisional resmi dibuka. Pembukaan berlangsung di lapangan pacu kuda Kecamatan Pegasing, Takengon, Aceh.

Pacuan kuda ini merupakan bagian dari kegiatan Alas Montain Internasional (GAMI) Festival .

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Kadisparpora) Aceh Tengah, Khairudin Yose mengatakan, pacuan kuda tersebut merupakan salah satu tradisi yang berkembang di Tanah Gayo.

Ia menambahkan, pacuan kuda tradisional merupakan salah satu even sekaligus atraksi budaya di Gayo.

“Pacuan kuda ini akan dilaksanakan hingga satu minggu ke depan,” kata Khairudin Yose, Senin (17/9).

Menurutnya, pacuan kuda ini terdiri dari beberapa kelas bahkan ada golongan kuda berpostur kecil hingga besar yang dipacu. Jumlah kuda yang diperlombakan sendiri hingga satu pekan ke depan yakni sekitar 350 ekor, yang berasal dari kabupaten dataran tinggi Gayo-Alas.

“Pacuan kuda ini dilaksanakan satu hari sejak pagi hingga setelah Ashar nanti, kecuali waktunya molor karena keadaan yang mendesak,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus mengatakan, pacuan kuda ini merupakan salah satu rangkaian dari even GAMI Festival 2018 yang dibuka di Lapangan Musara Alun tanggal 14 September lalu.

“Pacuan kuda ini sebagai destinasi wisata di empat kabupaten dataran tinggi Gayo-Alas untuk mendongkrak wisatawan berkunjung ke wilayah ini, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Firdaus.

Firdaus berharap, pacuan kuda yang merupakan warisan peninggalan masyarakat Aceh Tengah jaman dulu ini dapat terpelihara hingga ke depan.

Selain itu, ia berharap kabupaten dataran tinggi Gayo-Alas juga dapat menjadi daerah sebagai produsen kuda yang nantinya dapat dijual dengan harga tinggi, seperti kuda yang berasal dari Australia dan Sumatera Barat.

“Jangan melanggar ketentuan, jangan ada judi dan lainnya. Bagi pedagang juga sudah ditetapkan aturan untuk berjualan. Para joki hendaknya bersaing secara sehat dan mengenakan kerawang Gayo agar ada nilai jual bagi wisatawan,” tambahnya. (L/Ap/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.