Padepokan Pencak Silat di Nairobi Kenya Resmi Dibuka

(Foto: KBRI Nairobi)

, MINA – Kedutaan Besar RI di Nairobi, , dalam kurun waktu dua tahun terakhir aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan promosi budaya di negara akreditasi, termasuk pengenalan seni beladiri kepada para pemuda-pemudi Kenya.

Upaya tersebut dalam rangka penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Kenya, khususnya di bidang sosial-budaya, serta perwujudan soft diplomacy melalui peningkatan people-to-people contact.

Salah satu di antaranya adalah pembukaan perguruan Pencak Silat di Sekolah Umum Kenya Brahma Sabha di kota Nairobi, Kenya, pada Senin (16/1).

dalam keterangan resmi yang diterima MINA, melaporkan, perguruan tersebut beranggotakan lebih kurang 130 orang peserta latih Pencak Silat, yang terdiri dari para siswa-siswi Kelas 1-10 di sekolah tersebut.

Pembukaan pelatihan Pencak Silat di Kenya Brahma Sabha ditandai dengan pemasangan sabuk peserta Pencak Silat oleh Pelaksana Fungsi Sosial dan Budaya KBRI Nairobi, Andi Syamsurijal Usman, mewakili Duta Besar RI, Dr. Mohamad Hery Saripudin, didampingi Pelatih/Master Pencak Silat KBRI Nairobi, serta Presiden Federasi Pencak Silat Nasional Kenya, Mr. Cleopas Chalicha.

Acara pembukaan berlangsung khidmat dengan diperdengarkannya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bersama Lagu Kebangsaan Kenya, yang dilanjutkan dengan demo permainan Pencak Silat sebagai self-defense oleh Master Pencak Silat KBRI.

Para siswa dan bahkan orangtua siswa sangat antusias memperhatikan dan bahkan meminta ikut serta menjadi lawan latih/main saat demo tersebut.

“Melalui Pencak Silat, para pemuda Kenya tidak saja belajar seni beladiri khas Indonesia tetapi juga mengenal nilai-nilai budaya Indonesia. Pencak Silat dapat menjadi jembatan bagi peningkatan kerjasama bilateral pada tingkat masyarakat,” tegas Pejabat Pensosbud KBRI Nairobi, Andi Syamsulrijal Usman.

Perguruan Pencak Silat di Kenya Brahma Sabha merupakan “padepokan” Pencak Silat yang kedua di Kenya, setelah yang pertama dibentuk di KBRI Nairobi pada bulan September 2022 lalu.

Padepokan ketiga direncanakan akan dibuka di Sekolah Internasional Nairobi pada pekan keempat Januari 2023, dan selanjutnya padepokan keempat akan dibuka di kota Mombasa, lebih kurang 490 km di sebelah tenggara Nairobi.

Sebelumnya, pada 18 Juni 2021, telah dibentuk Federasi Pencak Silat Nasional Kenya (National Federation of Pencak Silat Kenya) yang diketuai oleh Mr. Cleopas Chalicha.

Pada 28 Maret 2022, Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (PERSILAT), yang diketuai H. Prabowo Subianto, telah memberikan Certificate konfirmasi pengakuan resmi terhadap National Federation of Pencak Silat Kenya sebagai Anggota PERSILAT.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)