Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pakar ITB Ingatkan Potensi Gempa Sesar Darat

Widi Kusnadi - 22 detik yang lalu

22 detik yang lalu

0 Views

peta gempa yang terjadi bersumber di Kabupaten Bandung belum lama ini.(Sumber: BMKG)

Bandung, MINA – Pakar gempa Institut Teknologi Bandung (FITB ITB) Prof Dr Irwan Meilano ST MSc mengingatkan kepada segenap pihak agar mewaspadai potensi gempa bumi yang berasal dari sesar daratan.

Irwan Meilano mengingatkan, potensi gempa Jawa Barat (Jabar) tidak hanya berasal dari zona megathrust di pantai selatan. Namun, ada juga potensi risiko dari sesar aktif di daratan.

“Kita seringkali berfokus pada potensi gempa dari zona subduksi di selatan (megathrust). Namun, gempa kali ini mengingatkan kembali bahwa sumber gempa lain juga bisa berasal dari sesar aktif di daratan,” kata Irwan, Sabtu (21/9).

Irwan mengatakan, gempa sesar dengan jarak lebih dekat ke permukaan dapat mengakibatkan kerusakan yang sama-sama signifikan, sekalipun magnitudo gempa sesar aktif lazimnya lebih kecil.

Baca Juga: Kebocoran Data Kembali Terjadi, Sukamta: Ini Alarm Keras Buat Pemerintah

Gempa yang berasal dari sesar maupun megathrust sama-sama dihasilkan dari proses pergeseran tektonik pada cincin api Indonesia.

Cincin api (ring of fire) adalah wilayah sepanjang 40.000 km di sekitar Samudra Pasifik yang sering terjadi gempa bumi dan letusan gunung api.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pilot Susi Air Bebas, Susi Pudjiastuti Ungkap Rasa Syukurnya

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Internasional
MINA Sport
MINA Sport
Internasional