Pakar PBB: Kemungkinan Ada ‘Perbudakan’ Minoritas China di Xinjiang

Jenewa, MINA – Minoritas telah direkrut menjadi pekerja paksa di wilayah Xinjiang, China, di sektor-sektor seperti pertanian dan manufaktur, sebuah laporan pada Selasa (16/8) oleh seorang ahli independen PBB menyimpulkan.

Laporan itu mengatakan, itu bisa menjadi “perbudakan sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan,” The New Arab melaporkan.

Pemerintah Beijing telah dituduh menahan lebih dari satu juta warga dan minoritas Muslim lainnya di Xinjiang, serta melakukan sterilisasi paksa terhadap perempuan dan kerja paksa.

Amerika Serikat dan anggota parlemen di negara-negara barat lainnya telah menuduh China melakukan “genosida” terhadap kelompok minoritas, tapi tuduhan itu dibantah Beijing.

Laporan yang dirilis oleh pelapor khusus PBB tentang perbudakan modern Tomoya Obokata, menunjuk pada dua “sistem mandat negara yang berbeda” di China di mana kerja paksa telah terjadi, mengutip laporan lembaga think tank dan LSM serta para korban.

Salah satunya adalah sistem pusat pendidikan dan pelatihan keterampilan kejuruan di mana minoritas ditahan dan tunduk pada penempatan kerja, sementara yang lain melibatkan upaya untuk mengurangi kemiskinan melalui transfer tenaga kerja, di mana pekerja pedesaan dipindahkan ke “pekerjaan sekunder atau tersier”.

Sifat dan tingkat kekuasaan yang dijalankan terhadap para pekerja – termasuk pengawasan berlebihan serta kondisi hidup dan kerja yang kejam – dapat “sama dengan perbudakan sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan, yang memerlukan analisis independen lebih lanjut,” kata laporan itu.

Laporan tersebut mencatat sistem transfer tenaga kerja serupa yang ada di Tibet, di mana “program tersebut telah menggeser sebagian besar petani, penggembala dan pekerja pedesaan lainnya ke pekerjaan berketerampilan rendah dan bergaji rendah”.

Pelapor khusus adalah pakar independen yang ditunjuk oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB, tetapi tidak berbicara atas nama badan dunia tersebut.

China telah lama bersikeras menjalankan pusat pelatihan kejuruan di Xinjiang yang dirancang untuk melawan ekstremisme, dengan Presiden Xi Jinping mengunjungi wilayah itu bulan lalu dan memuji “kemajuan besar” yang dibuat dalam reformasi dan pembangunan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.