PAKISTAN TANGKAP 12 ANGGOTA TALIBAN YANG SERANG SEKOLAH

Demonstrasi solidaritas di Lahore (21/12) untuk korban pembantaian ratusan pelajar di sekolah Peshawar pada 16 Desember 2014. (Foto: Arif Ali/AFP PHOTO)
Demonstrasi solidaritas di Lahore (21/12) untuk korban pembantaian ratusan pelajar di Peshawar pada 16 Desember 2014. (Foto: Arif Ali/AFP PHOTO)

Islamabad, 22 Rabi’ul Akhir 1436/12 Februari 2015 (MINA) – Juru bicara militer mengatakan, 12 anggota lokal yang terlibat dalam serangan mematikan terhadap sekolah di Peshawar akhir tahun lalu telah ditangkap.

Mayor Jenderal Asim Saleem Bajwa mengatakan kepada media, Kamis (12/2), mereka bekerjasama dengan negara tetangga Afghanistan, Arab News melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sekelompok anggota Tehrik-e-Taliban membantai 150 anak-anak dan guru pada serangan 16 Desember terhadap sebuah sekolah yang dikelola militer di kota Peshawar, namun secara resmi Taliban berlepas diri dan mengecam tindakan pembantaian itu.

Taliban adalah payung besar bagi puluhan kelompok pejuang lokal yang bertekad menggulingkan pemerintah Pakistan dan menggantinya dengan pemerintahan berhukum Islam.

Serangan itu membuat otoritas pemerintah di Peshawar memberikan izin bagi guru sekolah membawa senjata api tersembunyi.

Menteri Pendidikan Tinggi di provinsi Khyber Paktunkhwa yang berbasis di Peshawar, Mushtuq Ghani, mengatakan kabinet mendukung mempersenjatai guru, mengingat kenyataannya 65.000 polisi di kawasan itu terlalu sedikit untuk memberikan garis pertahanan pertama bagi 50.000 sekolah.

Guru perlu menyediakan sendiri senjata apinya yang berlisensi resmi, yang sudah banyak dimiliki untuk mempertahankan rumah mereka. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0