Pakistan Tuan Rumah Pertemuan Luar Biasa OKI Bahas Afghanistan

Jakarta, MINA – Pakistan menyambut baik inisiatif Kerajaan Arab Saudi yang akan menggelar Sidang Luar Biasa Dewan Menteri Luar Negeri Organisasi Kerja sama Islam (CFM OKI) di negara itu untuk membahas tentang situasi di Afghanistan.

Menurut keterangan pers Kedutaan Besar Pakistan di Indonesia yang diterima MINA, Jumat (10/12), Sidang Luar Biasa yang ditujukan untuk mencari solusi dalam mengatasi situasi kemanusiaan yang serius dan memburuk di Afghanistan itu, dijadwalkan berlangsung di Islamabad pada 19 Desember 2021.

Afghanistan saat ini menghadapi krisis kemanusiaan yang parah, jutaan warganya, termasuk perempuan dan anak-anak sangat membutuhkan makanan, obat-obatan dan perlengkapan hidup lainnya.

Menurut Program Pangan Dunia PBB, sekitar 22,8 juta orang atau lebih dari setengah penduduk Afghanistan menghadapi kekurangan pangan akut. 3,2 juta anak-anak dan 700.000 wanita berisiko kekurangan gizi akut.

Bahkan, situasi Afghanistan saat ini sedang menuju pada potensi keruntuhan ekonomi yang tidak hanya akan menjadi tragedi kemanusiaan tetapi juga memperburuk situasi keamanan, memacu ketidakstabilan dan menyebabkan eksodus massal pengungsi.

Tujuan diselenggarakannya sidang OKI-CFM antara lain, untuk menyatakan solidaritas umat Islam dengan rakyat Afghanistan, berkontribusi dalam mencegah situasi kemanusiaan yang memburuk dengan cepat di Afghanistan, terutama dalam hal kekurangan pangan, perpindahan orang dan potensi keruntuhan ekonomi

Selain itu, pertemuan itu bertujuan untuk merangkul dukungan internasional dalam penyediaan bantuan kemanusiaan yang mendesak dan berkelanjutan bagi rakyat Afghanistan. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.