Pameran Artefak Rasulullah Diharapkan Kembangkan Wisata Halal di Banten

, MINA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Jelajah Nusantara SAW dan Para Sahabat Nabi R.A. di Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama, Ahad (16/2).

Ia mengapresiasi dan mendukung penuh Gubernur Banten beserta jajarannya yang telah merawat peninggalan bersejarah di Kesultanan Banten.

Menurutnya, merawat dan merevitalisasi tempat dan benda-benda bersejarah merupakan bagian dalam pengembangan (wisata religi) di Banten.

“Namun revitalisasi harus dilakukan tanpa menghilangkan nilai-nilai sejarahnya,” tegas Wapres.

Melalui pameran ini, Wapres berharap dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk dapat lebih meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW dan Para Sahabat R.A., serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Dan dengannya pula umat Islam dapat mengambil pelajaran tentang pentingnya merawat artefak peninggalan bersejarah,” ujarnya.

Wapres menambahkan, kegiatan ini yang disemarakkan dengan berbagai kegiatan, seperti tausiah sejarah Islam, ceramah Islami, pertunjukkan musikal marawis, hadroh dan nasyid, serta festival kuliner halal ini, dapat mengedukasi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM tentang sertifikasi halal MUI.

“Semoga melalui festival kuliner halal dapat lebih mendekatkan dan mengenalkan masyarakat pada ekonomi dan keuangan syariah. Para tokoh agama, ormas-ormas daerah dan pusat, dan pimpinan daerah diharapkan dapat terus mendukung kegiatan-kegiatan berbasis keuangan dan ekonomi syariah sehingga berdampak pada pembangunan ekonomi bangsa,” pesannya.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan, kegiatan ini diharapkan mampu mengembalikan kejayaan Banten sebagai wisata religi dan pusat kebudayaan Muslim.

Pemerintah Provinsi Banten, mencatat 9 juta wisatawan datang untuk berziarah. Pihaknya juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 30 Milyar, dan pembebasan lahan seluas 4,5 hektar untuk penataan ulang area wisata, serta pendirian bangunan yang akan dijadikan pusat aktivitas agama Islam dan pertemuan para ulama.

Sementara, Ketua Panitia Arif Rahmansyah menyampaikan bahwa Jelajah Nusantara Pameran Artefak Rasulullah SAW dan Para Sahabat Nabi R.A. akan diadakan di 16 kota di Indonesia. (R/R5/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.