Panitia Imbau Jamaah Hendak Shalat Idulfitri 1443 H di Masjid Istiqlal Perhatikan Beberapa Hal

Jakarta, MINA – akan menyelenggerakan shalat 1 Syawal 1443 Hijriah tingkat kenegaraan. Pelaksanaan shalat tahun ini merupakan yang perdana pascapandemi Covid-19.

Guna mencapai keamanan dan ketertiban pelaksanaan perayaan Idulfitri 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal, Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan selalu Ketua Panitia Amaliah Ramadhan 1443 H KH Bukhori Sail Attahiri, Lc, MA., memaparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan jamaah, di antaranya sebagai berikut.

1. Senantiasa menjaga protokol kesehatan

Pertama yang perlu diperhatikan para jamaah ialah menjaga protokol kesehatan. “Shalat Idulfitri 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal disiapkan protokol kesehatan, semuanya diharuskan memakai masker, mengecek suhu, dan memastikan diri dalam keadaan sehat,” pujar KH Bukhori kepada Media di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (29/4).

2. Membawa alas shalat pribadi

Selain itu, jamaah diimbau tetap membawa alas shalat (sajadah) pribadi. “Mungkin bisa juga sajadah mini ya, untuk menahan tempat sujud supaya lebih aman, juga guna mengantisipasi jika Lantai Utama Masjid Istiqlal sudah penuh kapasitasnya,” kata KH Bukhori.

3. Datang lebih awal

Selanjutnya, KH Bukhori juga mengingatkan jamaah untuk datang lebih awal, sehingga bisa mendapatkan shaf shalat. “Kami memulai pelaksanaan ibadah shalat Idulfitri 1443 H pukul 07.00 WIB,” jelasnya.

4. Membawa plastik untuk tempat sandal

Guna meminimalisir kerumunan di tempat penitipan sepatu dan sandal, KH Bukhori juga menyarankan para jamaah agar membawa plastik sebagai alas sandal pribadi. “Nah, membawa plastik ya untuk tempat sandal atau sepatunya, jadi lebih aman,” ujarnya.

5. Menjaga barang bawaan

Terakhir, KH Bukhori juga mengimbau para jamaah agar senantiasa menjaga barang bawaan dengan rapi dan teliti.

“Semoga dengan memperhatikan lima hal di atas, pelaksanaan shalat Idulfitri 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal bisa terselenggara dengan baik, tanpa ada suatu kekurangan apapun,” pungkasnya.(L/R1/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.