Panjat Tebing Indonesia Kirim 4 Wakil di Olimpiade Paris 2024

Atlet Panjat Tebing Indonesia, Sallsabilah Rajiah dan Veddriq Leonardo. (Foto: FPTI Official)

Jakarta, MINA – Empat atlet panjat tebing Indonesia berhasil mendapatkan tiket untuk berlaga di Olimpiade Paris 2024. Mereka adalah Sallsabilah Rajiah, Veddriq Leonardo, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada masyarakat Indonesia atas dukungan yang telah diberikan.

“Terima kasih masyarakat Indonesia atas supportnya sehingga hari ini kita bisa genap mendapatkan 4 tiket ke Olimpiade. Inilah para juara kita, Veddriq Leonardo, Rajiah Salsabillah, dan para atlet-atlet hebat lainnya yang akan terus menggetarkan bunyi panjat tebing di seluruh dunia,” ujar Yenny Wahid dalam keterangan persnya, Senin (24/6).

Baca Juga:  Lima Tim Berebut Semifinal Piala AFF U-16, Satu akan Lawan Indonesia

Pelatih panjat tebing nomor speed Indonesia Hendra Basir mengungkapkan keinginan agar empat anak asuhnya yang mewakili Indonesia di Olimpiade Paris 2024 untuk meraih medali emas. Walau begitu, dia tak mau membebani mereka dan tetap berupaya menyikapi pertandingan nanti dengan realistis.

“Saya selalu membahas tentang probability, kemungkinan meraih medali emas. Kalau doa dan keinginan kami, target dari pribadi, semua inginnya emas. Tapi untuk mendapatkan itu kami harus realistis,” ujarnya.

Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabillah menjadi atlet panjat tebing Indonesia terbaru yang memastikan diri lolos ke Olimpiade Paris 2024. Keduanya merebut tiket usai berhasil naik podium pada kualifikasi Olimpiade seri kedua di Budapest, Hungaria, Sabtu, 22 Juni 2024.

Baca Juga:  PSSI Resmi Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Keduanya sama-sama menempati peringkat ketiga. Veddriq mengalahkan kompatriotnya Aspar Jaelolo dalam laga perebutan tempat tersebut nomor speed putra. Veddriq mencatatkan waktu 5,05 detik, sementara Aspar hanya meraih catatan waktu 5,61 detik. Di sisi lain, Sallsabillah menang atas wakil Cina Niu Di pada pertandingan nomor speed putri dengan perolehan waktu 6,64 detik.

Hendra menilai keduanya memang layak untuk melenggang ke Olimpiade Paris 2024. Keberhasilan mereka melengkapi prestasi Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi yang lebih dulu lolos melalui Asian Qualifier di Jakarta tahun 2023 dan IFSC World Championships 2023 di Bern, Swiss. Ia mengungkapkan ke depan fokus utama persiapannya adalah mematangkan strategi untuk meningkatkan kemungkinan meraih medali emas. []

Baca Juga:  PSSI Resmi Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Mi’raj News Agency (MINA)