Para Menteri Pemuda OKI Selenggarakan Sidang Ke-5 di Jeddah

Jedah, MINA – Para Menteri Pemuda dan Olahraga Negara Anggota Organisasi Kerjasama Islam () (ICYSM) menyelengarakan Sidang ke-5 Konferensi Islam di Jeddah, 7-9 September 2022 dengan tema “Pembangunan Pemuda dan Olahraga untuk Umat Berbasis Solidaritas”.

Pertemuan Tingkat Menteri dipimpin Menteri Olahraga Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal. Keterangan Pers OKI menyebutkan.

Sekretaris Jenderal OKI Hissein Brahim Taha, menyoroti upaya-upaya terkait OKI yang mengutamakan masalah pemuda dan olahraga serta kebutuhan untuk meningkatkan partisipasi pemuda dalam pengembangan komunitas mereka.

Arab Saudi menjadi tuan rumah sesi ini, setelah sebelumnya menjadi tuan rumah sesi pertama dan kedua konferensi pada tahun 2005 dan 2014.

Sekjen OKI mengatakan, pelaksanaan di Jeddah mencerminkan minat besar Kerajaan Saudi dalam mendukung kegiatan OKI, serta peningkatan perhatian pada isu-isu yang berkaitan dengan pemuda dan pengembangan olahraga di negara-negara anggota OKI.

Dia juga menunjukkan, penyelenggaraan sesi ini pada saat dunia mulai pulih dari COVID-19 mencerminkan komitmen OKI untuk mempromosikan pemuda dan olahraga di negara-negara anggotanya dalam upayanya meningkatkan pluralisme budaya, mendorong dialog antar budaya dan peradaban serta mempromosikan penyebaran nilai-nilai Islam melalui olahraga.

Ia menambahkan, pertemuan tersebut menawarkan kesempatan untuk membahas isu-isu yang berkaitan dengan pengembangan pemuda dan olahraga, didorong oleh tujuan membangun umat berbasis solidaritas, serta untuk mengembangkan solusi dan mekanisme yang memadai dalam meningkatkan kerja sama intra-OKI.

Tampil sebagai pembicara antara lain : Ali Kadyrov (Perwakilan Republik Azerbaijan, Ketua Sidang ke-4 ICYSM), Abdulaziz bin Abdulrahman Al-Massad (Wakil Sekretaris Urusan Olahraga dan Pemuda di Kementerian Olahraga Arab Saudi, Ketua Sidang ke-5 ICYSM), dan Tarig Ali Bakheet, Asisten Sekretaris Jenderal Urusan Kemanusiaan, Kebudayaan dan Keluarga OKI. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.