PARLEMEN LIBYA TRIPOLI LENGSERKAN PERDANA MENTERI OMAR AL-HASSI

Perdana Menteri Libya Omar Al-Hassi diberhentikan demi kepentingan dialog damai. (Foto: Newswala.com)
Omar Al-Hassi diberhentikan demi kepentingan dialog damai. (Foto: Newswala.com)

Tripoli, 11 Jumadil Akhir 1436/31 Maret 2015 (MINA) – Pemerintah Libya yang berbasis di ibukota Tripoli, Kongres Nasional Umum (GNC), telah memberhentikan Omar Al-Hassi dari jabatannya sebagai Perdana Menteri.

Juru Bicara GNC Omar Hemidan mengatakan pada Selasa (31/3), keputusan itu merupakan langkah pertama untuk melancarkan dialog antar faksi-faksi yang bersengketa di Libya, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan.

GNC beroperasi di Tripoli, sementara pemerintah yang diakui oleh PBB, DPR (HOR), diusir dari ibukota tahun lalu dan telah bermarkas di kota timur Tobruk.

Dalam upaya mengatasi krisis politik di negara itu, delegasi dari kedua pemerintah yang bersaingan telah bertemu dalam pembicaraan yang ditengahi PBB. Pertemuan itu digambarkan sebagai salah satu peluang terakhir untuk mencegah Libya terjun ke dalam perang saudara yang lebih luas.

Libya dilanda aksi kekerasan sejak pemberontak yang didukung NATO menggulingkan penguasa lama Muammar Gaddafi pada 2011. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0