Pasca Serbuan Ben Gvir, Uni Eropa Ingatkan Pentingnya Jaga Status Quo Masjid Al-Aqsha

Uni Eropa. (Foto: Wafa)

Yerusalem, MINA – mengingatkan pentingnya menjaga status quo tempat-tempat suci di kota Yerusalem Timur yang diduduki.

Pernyataan Pers ini dikeluarkan oleh pasca serbuan Menteri Sayap Kanan Israel Itamar Ben Gvir ke Masjid Al-Aqsha. Demikian dikutip dari Wafa, Rabu, (4/1).

“Kami mengingatkan pentingnya menjaga status quo tempat-tempat suci, dan prihatin atas tindakan yang menentangnya,” bunyi pernyataan tersebut.

“Berisiko meningkatkan ketegangan di Yerusalem dan di wilayah Palestina yang diduduki,” tambahnya.

“Beberapa pekan terakhir telah terjadi peningkatan ketegangan dan korban yang berbahaya. Penting untuk mengurangi dan menghindari tindakan dan provokasi apa pun yang memicu ketegangan ini.” lanjutnya.

Uni Eropa meminta semua aktor di lapangan dan di wilayah yang lebih luas untuk menunjukkan ketenangan dan pengendalian diri guna mencegah eskalasi apa pun, sambil menekankan bahwa posisinya di Yerusalem tetap tidak berubah.

“Aspirasi kedua belah pihak harus dipenuhi dan status Yerusalem sebagai ibu kota masa depan kedua negara perlu diselesaikan,” katanya.

Menteri Keamanan Nasional  Israel Ben-Gvir yang aliran sayap kanan menerobos masuk ke halaman Masjid Al-Aqsha pada Selasa (3/1) pagi, yang dinilai sebagai langkah yang memicu ketegangan.

Ketika mantan perdana menteri Israel Ariel Sharon melakukan perjalanan serupa ke situs tersebut pada tahun 2000, hal itu memicu pemberontakan Intifada Kedua Palestina.

Kompleks Masjid Al-Aqsha menaungi Masjid Dome of the Rock dan Masjid Al-Aqsha dan dianggap sebagai situs tersuci ketiga dalam Islam. Al-Aqsha terletak di Yerusalem Timur, bagian dari wilayah Palestina yang diakui secara internasional yang telah diduduki oleh militer Israel sejak 1967. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.