Pascastsunami Banten, MER-C Kirim Lagi Bantuan Medis dan Logistik

Jakarta, MINA – Lembaga kemanusiaan medis kegawatdaruratan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) pada Jumat malam (17/5) mengirim lagi bantuan logistik ke wilayah Banten pascabencana stunami.

“Malam ini kita mengirimkan tim lagi ke wilayah terdampak tsunami di Banten, ini merupakan tim ke-empat yang kita turunkan,” kata Manager Operasional MER-C Rima ManzanarisMe saat ditemui MINA di Kantor MER-C Pusat, Jakarta, Jumat (17/5).

Menurutnya, dalam tim ke-empat ini terdiri atas 7 relawan di antaranya, dua dokter, satu perawat, satu orang bagian logistik, dan dua sopir.

“Utamanya pengobatan karena ini amanah donatur, jadi di bulan Ramadhan ini kita ingin menunaikan lagi, karena kita masih keep contact dengan masyarakat di sana,” ujarnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan komunikasi dengan masyarakat di sana, serta melakukan tinjauan langsung bahwa sudah banyak tempat hunian sementara (Huntara) yang sudah dibangun, namun hanya dengan keterbatasan yang ada, maka MER-C mengirim kebutuhan logistik untuk melengkapi kebutuhan masyarakat yang berada di Huntara.

“Sebelumnya di misi pertama dan kedua kita fokus menyisiri daerah terdampak kemudian memberikan bantuan pengobatan gratis, untuk misi ketiga dan empat ini selain bantuan medis MER-C juga membawa bantuan Logistik,” jelasnya.

Logistik tersebut di antaranya kasur palembang 250, peralatan mandi (handuk, sabun dan sebagainya) 250, selimut sarung, kain, dan sebagainya masing-masing sebanyak 260 serta obat-obatan yang dibawa oleh satu truk dan dua mobil operasional.

Paket ini akan disalurkan ke Huntara,wilayah terparah yang dikunjungi oleh tim MER-C di Desa Sumberjaya dan Cigorondong Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, Banten.

“Rencananya Sabtu pagi (18/5), pukul 10.00 WIB tim kita sampai di sana akan menyerahkan bantuan ini secara simbolis kepada Lurah sana,” jelasnya.

Bantuan ini diharapkan bisa melengkapi kebutuhan di sana, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat Banten.

“Semoga misi ke-empat ini, tim MER-C yang turun di bulan suci dimudahkan dan dilancarkan, terimakasih kepada masyarakat yang sudah mempercayakan donasinya untuk Banten melalui ke MER-C, kami akan terus menyalurkan donasi-donasi yang masuk. Dana yang kita salurkan berdasarkan donasi yang masuk ke rekening kemanusiaan MER-C amanah Banten,” tambahnya. (L/R10/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)