Pasukan Dukungan AS Rebut 80% Kota Tabqa dari ISIS

Peta kota Tabqa dan Raqqa di Suriah. (Gambar: TheBlaze)

 

London, 5 Sya’ban 1438/2 Mei 2017 (MINA) – Pasukan yang didukung Amerika Serikat (AS) telah merebut 80 persen kota Tabqa Suriah dari kelompok Islamic State ().

Lembaga pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berbasis di Inggris mengatakan pada hari Senin (1/5), kemajuan itu terjadi setelah sepekan lalu Pasukan Demokratik Suriah ()  masuk ke Tabqa dari selatan.

SDF yang merupakan koalisi milisi Kurdi dan Arab tersebut terus maju ke utara mengusir ISIS di tiga lingkungan yang bersebelahan di tepi Sungai Efrat.

Kota strategis Tabqa berada pada rute pasokan sekitar 55 kilometer barat kota Raqqa, ibukota de facto wilayah ISIS di Suriah.

Kepala SOHR Rami Abdel Rahman mengatakan, saat fajar, militan ISIS mundur dari distrik paling barat ke dua wilayah lainnya.

“SDF sekarang menguasai lebih dari 80 persen Tabqa,” kata Abdel Rahman, demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA.

Sementara koalisi pimpinan AS melakukan serangan udara membantu pertempuran SDF.

Operasi besar “Wrath of the Eufrat” terhadap kota Raqqa diluncurkan pada bulan November tahun lalu dan pasukan SDF telah merebut sebagian besar desa di sekitar kota pertahanan ISIS itu. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.