Pasukan Irak Capai Jembatan Kunci untuk Kalahkan ISIS di Mosul

Peta jembatan di Sungai Tigris yang membelah kota Mosul, Irak. (Gambar: Google Earth)

 

Mosul, 29 Jumadil Awwal 1438/27 Februari 2017 (MINA) – Pasukan Irak yang memerangi kelompok Islamic State (ISIS) di Mosul barat telah mencapai jembatan di selatan kota itu pada hari Senin (27/2).

Juru bicara Komando Operasi Gabungan Brigadir Jenderal Yahya Rasool mengatakan, menguasai jembatan tersebut merupakan kunci dalam upaya untuk mengalahkan ISIS.

“Pasukan Rapid Response dan polisi federal telah membebaskan lingkungan Jawsaq dan kini menguasai ujung barat jembatan keempat,” kata Rasool, demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip MINA.

Jembatan keempat adalah yang paling selatan dari lima jembatan. Keempat jembatan lainnya telah rusak dan tidak dapat digunakan untuk menyeberangi Sungai Tigris yang membelah kota di Irak utara itu.

Pasukan pemerintah telah merebut kembali sisi timur Mosul dari ISIS sebulan yang lalu. Kini mereka sedang berusaha membebaskan sisi barat kota.

Mengamankan ujung barat jembatan membuat pasukan Irak bisa mengontrol tepi sungai di kedua sisi dan memungkinkan unit teknik memperpanjang jembatan apung untuk digunakan sebagai jalur suplai. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)