Pasukan Irak Kuasai Masjid Ikon ISIS di Mosul

Menara Masjid Al-Hadba di Mosul, sering disebut Menara Pisa Irak. Pada tanggal 21 Juni hancur oleh bom. (Foto: Getty)

 

Mosul, 5 Syawwal 1438/29 Juni 2017 (MINA) – Pasukan Irak mengumumkan menguasaan kembali masjid Mosul yang menjadi ikon tempat pemimpin Islamic State () Abu Bakr Al-Baghdadi mendeklarasikan “kekhalifahan” pada tahun 2014.

“Pasukan Kontra Terorisme mengendalikan Masjid Nuri dan Al-Hadba (menara),” kata Komando Operasi Gabungan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (29/6). Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Staf militer Irak Letnan Jenderal Abdulwahab Al-Saadi mengatakan, sementara ini pasukan Irak hampir berhasil merebut kembali masjid tersebut, jarak mereka tinggal 20 meter.

Pertempuran untuk merebut Mosul dimulai lebih dari delapan bulan yang lalu dan ISIS telah berada di benteng terakhirnya di Kota Tua yang bersejarah.

Pada tanggal 21 Juni lalu, kelompok militan tersebut dituding meledakkan Masjid Al-Nuri demi menahan laju kemajuan pasukan Irak. Peristiwa itu oleh Perdana Menteri Irak Haider Al-Abadi dideklarasikan sebagai “deklarasi resmi kekalahan” ISIS.

Hancurnya menara abad ke-12 yang sering disebut Menara Pisa Irak,  membuat rakyat Irak terkejut.

Namun, melalui media Amaq, ISIS mengklaim bahwa menara tersbut terkena serangan udara AS. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.