Pasukan Irak Serang Pusat Kota Qaim Lawan ISIS

Pasukan Irak di kota Mosul. (Foto: AP)

Qaim, MINA – Pasukan Irak menyerbu ke pusat kota Qaim, semakin dekat untuk menyingkirkan militan Islamic State () dari basis terakhir mereka di Irak.

Serangan Jumat (3/11) di pusat kota Qaim yang terletak di sebelah utara provinsi Anbar, semakin dekat untuk menyingkirkan militan dari basis terakhir mereka di Irak.

“Masuknya pasukan setelah mereka membunuh sejumlah elemen Daesh (ISIS) yang terbungkam di dalam, dan menghancurkan rumah-rumah pemusnah (milik gerilyawan),” kata seorang sumber militer kepada Alsumaria News yang dikutip MINA.

Lembaga media Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) yang mendukung pasukan Irak, mengatakan beberapa jam sebelumnya bahwa militan Syiah membakar rumah-rumah di lingkungan Gaza (350 kilometer selatan pusat Qaim) untuk membuat layar asap saat pesawat tempur dan artileri PMF membombardir pusat Qaim.

Sebelumnya di hari yang sama, komandan Operasi Anbar, Abdul-amir Yarallah, mengatakan dalam sebuah pernyataan, tentara Layanan Terorisme, PMF dan Pasukan Suku menyerang daerah Saada, Karableh dan Husaiba di Qaim.

Perdana Menteri Irak Haider Al-Abadi mengumumkan pada akhir Oktober peluncuran operasi untuk membersihkan kota Rawa dan Qaim, tempat perlindungan terakhir ISIS di daerah yang perbatasan dengan Suriah.

Sejauh ini, operasi besar pasukan Irak yang didukung oleh serangan udara koalisi anti-ISIS pimpinan Amerika Serikat, berhasil merebut kembali Mosul, ibu kota de facto ISIS di Irak, termasuk berhasil merebut kota Tal Afar, Kirkuk, Hawija dan Anbar. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)