Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PBB: 10 Juta Orang Lebih Mengungsi Akibat Konflik Sudan

Habib Hizbullah - Selasa, 11 Juni 2024 - 18:45 WIB

Selasa, 11 Juni 2024 - 18:45 WIB

2 Views

Jenewa, MINA – Menurut laporan Organisasi Internasional untuk Migrasi PBB (IOM), Senin (10/6), lebih dari 10 juta warga Sudan menjadi pengungsi akibat perang saudara yang sedang berlangsung di negara tersebut.

“Lebih dari 2 juta orang lainnya telah diusir ke luar negeri, sebagian besar ke negara tetangga Chad, Sudan Selatan dan Mesir,” kata juru bicara Organisasi Migrasi Internasional Mohammedali Abunajela seperti dikutip oleh Associated Press.

Juru bicara tersebut menyoroti bahwa jumlah pengungsi di Sudan kini telah melampaui 10 juta orang.

Sejak pertengahan April 2023, Sudan dilanda konflik antara tentara yang dipimpin oleh Abdel Fattah Al-Burhan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) yang dipimpin oleh Mohamed Hamdan Dagalo atau dikenal juga dengan nama Hemedti.

Baca Juga: Gerakan Perlawanan Lebanon Tembakkan Roket ke Tzuriel Moshav Israel

Perang tersebut telah mengakibatkan lebih dari 16.000 kematian dan menyebabkan lebih dari 25 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Ada peningkatan seruan dari PBB dan komunitas internasional untuk mencegah bencana kemanusiaan di Sudan, yang dapat menyebabkan jutaan orang mengalami kelaparan dan kematian akibat kekurangan pangan akibat pertempuran yang telah menyebar ke 12 dari 18 negara bagian di negara tersebut.

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Mantan Menlu Israel Serukan Penghancuran Total Pelabuhan Al-Hudaydah Yaman

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Afrika
Timur Tengah
Dunia Islam
Dunia Islam
Internasional