PBB: 3,5 Juta Warga Yaman Terancam Kelaparan

 

Shana, MINA – Program Pangan Dunia PBB memperingatkan, sekitar 3,5 juta warga saat ini terancam .

Lembaga itu mengatakan seperti disebutkan Devex News, pada Senin (22/10), konflik sipil yang masih terus berlangsung di negara itu dan memburuknya kondisi ekonomi semakin memperparah keadaan ke jurang kelaparan.

“Berdasarkan perhitungan teknis menunjukkan setidaknya 1 dari 5 rumah tangga menghadapi kekurangan makanan ekstrim, 2 orang dari 10.000 meninggal setiap hari, dan lebih dari 30 persen anak-anak di bawah 5 menderita akut kekurangan gizi,” ujar laporan.

Lorraine Marulanda, Kepala Palang Merah Inggris untuk Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara mengatakan, salah satu kesulitan terbesar bagi pekerja kemanusiaan di Yaman adalah sulitnya akses komunitas.

“Masalahnya adalah ketersediaan akses yang diperlukan untuk dapat memverifikasi sepenuhnya semua informasi yang diperlukan untuk mengatasi kelaparan,” katanya.

Sekitar 8 juta orang di Yaman, atau hampir sepertiga dari penduduk, dianggap sangat tidak aman pangan dan sepenuhnya bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Kurangnya akses kemanusiaan, telah memburuk selama beberapa bulan terakhir, menyusul terjadinya pertempuran di kota pelabuhan Hodeida, menurut Suze van Meegen, seorang petugas perlindungan dan advokasi untuk pengungsi Dewan Norwegia.

Dalam beberapa kasus, petugas kemanusiaan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk menghadapi hambatan birokrasi.

“Kendalanya tidak begitu banyak soal geografis. Hanya kami sangat dibatasi di mana kami bisa pergi,” kata van Meegen.

Palang Merah menarik kembali sebagian dukungannya ke Yaman beberapa bulan lalu karena ancaman keamanan.

Sebelas relawan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah telah tewas sejak konflik pertama kali meningkat pada tahun 2015. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.