PBB BANTAH BAN KI-MOON AKAN KE KORUT

Sekjen PBB, Ban Ki-moon
Sekjen PBB, Ban Ki-moon

Beijing, 7 Shafar 1437/19 November 2015 (MINA) – Sekjen PBB, Ban Ki-moon tidak memiliki rencana akan berkunjung ke Korea Utara pekan depan, kata seorang jurubicara, membantah laporan media China sebelumnya.

“Ia akan berada di New York pada hampir sebagian besar waktunya dan kemudian terbang ke Malta untuk menghadiri KTT Persemakmuran,” kata pernyataan tersebut.

Sebelumnya Rabu, kantor berita Xinhua, mengutip kantor berita Korea Utara Central News Agency, mengatakan Ban akan tiba di Pyongyang Senin sebagai bagian lawatan empat hari ke negara itu.

Pernyataam PBB itu membantah waktunya, tetapi tidak mengenyampingkan lawatan seperti ini di masa mendatang, Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, mengutip DPA.

“Sekjen telah berulangkali mengatakan bahwa ia ingin memainkan peran yang membangun, termasuk melawat ke DPRK atau Korea Utara, dalam upaya mencari perdamaian, stabilitas dan dialog di Semenanjung Korea.

PBB dan Korea Utara menyatakan, Selasa, pembicaraan masih berlangsung bagi kunjungan pertama Ban sebagai pimpinan PBB.

Jika terlaksana, Ban yang berasal dari Korea Selatan akan menjadi Sekjen PBB ketiga yang berkunjung ke Korea Utara setelah Kurt Waldheim pada 1979 dan Boutros Boutros Ghali pada 1993, kata pernyataan tersebut. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0