PBB: Perundingan Israel-Palestina “Buntu”

Jenewa, MINA – Kepala Staf Sekretaris Jenderal PBB, mengatakan bahwa - buntu atau tidak ada perkembangan positif dalam pencarian perdamaian antara kedua negara.

Ribiero Viotti menyatakan proses perdamaian terus memburuk. Ia juga mendesak kedua pihak (Israel-Palestina) untuk kembali ke meja perundingan agar bisa menuntaskan kesepakatan.

“Intensifikasi permukiman ilegal, penghancuran rumah-rumah Palestina dan penderitaan yang meluas di harus dihentikan,” kata Ribiero Viotti berbicara atas nama Sekjen PBB Antonio Guterres dalam upacara PBB untuk memperingati Hari Solidaritas Internasional dengan Rakyat Palestina pada Rabu (27/11), di Jenewa, Swiss, demikian Anadolu Agency dikutip MINA.

“Tindakan-tindakan ini mengancam untuk merusak kelangsungan kemerdekaan negara Palestina berdasarkan resolusi PBB,” tambahnya.

Baca Juga:  Ketum ICMI: Indonesia Peringkat Kedua Dunia soal Sampah Sisa Makanan

Ribiero Viotti mendesak para perunding Israel dan Palestina untuk membuat kemajuan menuju solusi dua negara, di mana sebuah negara Palestina bisa merdeka berdampingan secara damai dengan Israel sebagai bagian dari kesepakatan komprehensif.

“Adalah ilusi berbahaya untuk berpikir bahwa dapat ditahan selamanya,” tegasnya.

Negara Palestina berupaya menciptakan kedamaian di Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza, namun Israel merebutnya sejak tahun 1967 hingga saat ini terus memperluas kependudukan di wilayah tersebut.

Di samping itu, pejabat Palestina menunjuk ada kemunduran dengan pembangunan permukiman Israel di Tepi Barat bulan ini mendapatkan dukungan diam-diam dari pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

“Terlepas dari puluhan tahun kekecewaan dan kemunduran, kami tetap berkomitmen pada tatanan multilateral yang menghormati dan memastikan penghormatan terhadap hukum internasional,” kata utusan Palestina Riyad Mansour, berbicara atas nama Presiden Palestina Mahmoud Abbas.(T/R10)

Baca Juga:  [POPULAR MINA] Serangan ke Rafah dan Aksi Muhammadiyah

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.