PBB Siap Mediasi Pakistan-India Soal Sengketa Kashmir

New York, MINA – Antonio Guterres menyatakan, pihaknya siap Pakistan-India terkait sengketa Jammu dan Kashmir.

Ia mendesak India dan Pakistan untuk “bersatu” dan menyelesaikan masalah mereka serta mengingatkan bahwa setiap konfrontasi militer akan menjadi bencana.

“Kantor baik kami selalu tersedia (untuk mediasi) dan kami akan bersikeras di dalamnya mencari solusi damai untuk masalah yang tidak melibatkan militer,” katanya pada Guterres seperti dikutip dari Anadolu Agency, Ahad (31/1).

Guterres mendorong penyelesaian sesuai dengan resolusi PBB dan piagamnya.

“Jelas ketika melihat Pakistan dan India, setiap konfrontasi militer akan menjadi bencana yang tak terbantahkan bagi kedua negara dan bagi seluruh dunia,” kata Guterres.

“Ini) sangat penting untuk melakukan penurunan situasi, yaitu di Garis Kontak (Garis Kontrol, atau LoC),” katanya, mengacu pada garis pemisah di Jammu dan Kashmir yang telah terlihat baru-baru ini. eskalasi pelanggaran gencatan senjata.

Kashmir adalah wilayah Himalaya dengan mayoritas Muslim sebagian dikuasai oleh India dan Pakistan. Sepotong kecil Kashmir juga dikuasai oleh China.

New Delhi dan Islamabad telah berperang tiga kali pada 1948, 1965 dan 1971, dua di antaranya memperebutkan Kashmir. (T/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)