Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PBB: Usulan Membangun Sinagoge di Kompleks Al-Aqsa Perparah Ketegangan

sri astuti Editor : Widi Kusnadi - Selasa, 27 Agustus 2024 - 15:52 WIB

Selasa, 27 Agustus 2024 - 15:52 WIB

9 Views

Menteri Keamanan Nasional pendudukan Zionis Israel Itamar Ben Gvir dan Menteri Urusan Negev dan Galilea Yitzhak Wasserlauf, Selasa (13/8/2024) menyerbu halaman Masjid Al-Aqsa di Al-Quds (Yerusalem Timur) dengan perlindungan polisi pendudukan. (Foto: Wafa)
Menteri Keamanan Nasional pendudukan Zionis Israel Itamar Ben Gvir dan Menteri Urusan Negev dan Galilea Yitzhak Wasserlauf, menyerbu Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur dengan perlindungan polisi pendudukan. (Foto: Wafa)

New York, MINA – PBB mengecam pernyataan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir baru-baru ini tentang pembangunan sinagoge di dalam situs Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki, dengan mengatakan bahwa pernyataan tersebut memperparah ketegangan dan “sangat kontraproduktif”, Senin (26/8).

“Pernyataan semacam ini sangat kontraproduktif, paling tidak. Pernyataan tersebut berisiko mengobarkan situasi yang sudah kering kerontang,” kata Juru Bicara PBB Stephane Dujarric kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers. Anadolu melaporkan.

Menyoroti sensitivitas seputar status situs suci di Yerusalem, Dujarric mengatakan bahwa, “Ada status quo yang disepakati oleh para pihak untuk situs suci di Yerusalem yang harus dihormati oleh semua pihak.”

Ia mendesak kepatuhan terhadap perjanjian ini, baik dalam tindakan maupun pernyataan publik, untuk menghindari meningkatnya ketegangan lebih lanjut.

Baca Juga: Israel Bunuh 173 Jurnalis Palestina Sejak Oktober 2023 

Ben-Gvir pada Senin mengklaim orang Yahudi memiliki hak untuk beribadah di Masjid Al-Aqsa, dengan mengatakan ia akan membangun sinagoge di situs yang menjadi titik api tersebut.

Ini adalah pertama kalinya menteri Israel berbicara terbuka tentang pembangunan sinagoge di dalam Masjid Al-Aqsa. Namun, dalam beberapa bulan terakhir ia telah berulang kali menyerukan agar orang Yahudi diizinkan beribadah di lokasi tersebut.

Seruannya itu disampaikan di tengah serangan berulang kali ke kompleks tersebut oleh pemukim ilegal Israel yang berada di bawah perlindungan polisi.

Masjid Al-Aqsa dianggap sebagai situs tersuci ketiga dalam Islam. Orang-orang Yahudi menyebut daerah itu sebagai Temple Mount, yang diyakini sebagai lokasi dua kuil Yahudi kuno. []

Baca Juga: Israel Gali Parit di Perbatasan Yordania

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pemukim Ilegal Israel Rebut Apartemen Palestina di Yerusalem

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Palestina
Palestina
Palestina
Indonesia
Palestina