PBB: YAMAN KOMITMEN GENCATAN SENJATA KEMANUSIAAN

yaman pasca perang
Yaman Pasca perang (Yemenakhbar)

Jeddah, 23 Ramadhan 1436/ 10 Juli 2015 (MINA) – Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada hari Kamis kemarin (9/7) mengumumkan bahwa semua partai politik di Yaman telah berkomitmen untuk gencatan senjata kemanusiaan yang dimulai hari Jumat (10/7) dan diperkirakan akan berlangsung hingga akhir Ramadhan.

Sebelumnya pada hari Kamis, Ismail Al-Shiekh, utusan PBB untuk Yaman, mengatakan gencatan senjata kemanusiaan akan dimulai di negara yang dilanda perang itu dalam 24 jam ke depan, ArabNews melaporkan, seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Kami melakukan kunjungan ke Sana’a dengan harapan optimisme,” kata Sheikh sebelum berangkat dari Bandara Internasional Sana’a, “Dalam 24 jam ke depan kami akan mengumumkan gencatan senjata kemanusiaan.”

Sheikh mengatakan kepada kantor berita resmi Negara itu, bahwa PBB bekerja sama dengan Riyadh dan Sana’a berupaya menemukan solusi bagi konflik yang sedang berlangsung, sambil menambahkan bahwa ada optimisme gencatan senjata kemanusiaan yang akan segera terjadi.

Yaman berada dalam kekacauan sejak September tahun lalu, ketika kelompok bersenjata Houthi menyerbu ibu kota. (T/anj/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0