PBNU Akan Adakan Konferensi Internasional Islam Moderat Mei Mendatang

Ketua OC KH. Imam Aziz ( kiri), Ketua SC Prof. Dr. Ma'shum Mahfudz (tengah), dan Katib 'Aam PBNU KH. Yahya Cholil Tsaquf. (foto: MINA)
Ketua OC KH. Imam Aziz ( kiri), Ketua SC Prof. Dr. Ma’shum Mahfudz (tengah), dan Katib ‘Aam KH. Yahya Cholil Tsaquf. (foto: MINA)

Jakarta, 15 Jumadil Akhir 1437/24 Maret, 2016 (MINA) – Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) akan menggelar Konferensi Internasional Pemimpin Islam Moderat () dan dihadiri peserta maupun pembicara dari 40 negara di Jakarta Conventional Center (JCC), 8-11 Mei 2016 mendatang.

Drs. H. Masduki Baidlowi, sekretaris panitia pengarah (steering committee/SC) konferensi tersebut mengatakan acara ini adalah people to people, mengundang ulama-ulama dari seluruh dunia yang akan menghasilkan “Deklarasi Jakarta”.

“Untuk peserta masih dalam proses, yang akan datang itu dari Rusia, Timur Tengah, Eropa, dan lain-lain.  Konferensi ini juga akan menghasilkan Deklarasi Jakarta,” katanya di Kantor PBNU, Jakarta, Rabu (23/3), demikian laporan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dia mengatakan, konferensi tersebut akan membahas salah isu terorisme dan salah penafsiran arti jihad, juga mengenalkan ke dunia bahwa Islam Nusantara adalah penangkal terorisme.

“Tafsir jihad menjadi fokus pembicaraan, bagaimana segelintir orang merusak tatanan negara Islam, dan islam itu teroris? ini salah satu pemikiran Deklarasi Jakarta. Topic diskusi bagaimana mengenalkan Islam Nusantara sebagai penangkal terorisme,” tambah Wakil Sekretaris Jenderal PBNU itu. (L/M09/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.