PBNU: IPB University Terapkan Nilai Kesantrian di Kampus

Bogor, MINA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, memuji langkah IPB University memberdayakan komunitas pondok pesantren di sektor pertanian. Menurutnya, hal ini menjadi bukti bahwa IPB University punya kepedulian dalam membangun umat.

Hak itu diungkapkan Said Aqil saat menjadi pembicara pada Seminar Kebangsaan di Fakultas Ekonomi Manajemen (FEM) IPB, Bogor, Ahad (19/1).

“Saya terus terang kaget ya. IPB (University) memasukan kata Santri dalam wilayah IPB. Itu luar biasa,” ujar Said Aqil melalui keterangan tertulisnya.

Said Aqil mengungkapkan bahwa IPB University bisa menjadi contoh nyata, bagaimana sebuah kampus menerapkan nilai-nilai kesantrian dalam aspek pendidikan.

“Saya apresiasi dengan upaya Pak Rektor memasukan spirit kesantrian di lingkungan IPB. Ada tiga yang menjadi value santri. Beragama Islam, berakhlak mulia, serta hormat pada Kyai (guru),” kata alumnus Universitas Ummul Qura Madinah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Said Aqil juga berpesan agar IPB terus menjaga nilai-nilai plural di lingkungan kampus. Pasalnya, seperti diketahui, keluarga besar civitas IPB terdiri dari banyak latar.

“Karena negara kita, negara yang berbhineka. IPB harus terus menguatkan komitmen kebhinekaannya. Saling menghormati,” tegas dia.(R/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)