Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pejabat Israel Ungkap Negaranya Usulkan Jeda Pertempuran di Gaza 2 Bulan

sri astuti - Rabu, 24 Januari 2024 - 17:02 WIB

Rabu, 24 Januari 2024 - 17:02 WIB

5 Views

Ilustrasi: Tentara Israel terlihat menaiki tank di area persiapan IDF dekat perbatasan Israel dengan Gaza, pada tanggal 31 Juli 2014. (kredit foto: Miriam Alster/Flash90)

Tel Aviv, MINA – Israel dilaporkan telah mengusulkan kesepakatan kepada kelompok Perlawanan Palestina, Hamas, yang mencakup jeda pertempuran di Gaza hingga dua bulan dengan imbalan pembebasan seluruh sandera Israel dan sejumlah tahanan Palestina yang tidak diketahui jumlahnya.

Menurut media Axios, dua pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya mengungkap, sepuluh hari sebelumnya, kabinet perang Israel menyetujui proposal baru dengan Hamas, yang terdiri dari beberapa fase di mana semua sandera yang tersisa ditahan oleh kelompok Palestina, yang saat ini berjumlah lebih dari 130 orang, akan dibebaskan dan jenazah sandera yang tewas akan dikembalikan.

Tahap pertama, menurut laporan tersebut, akan mencakup pembebasan sandera yang merupakan perempuan, laki-laki berusia di atas 60 tahun dan mereka yang berada dalam kondisi medis kritis. Fase berikutnya adalah pembebasan tentara wanita, pria di bawah usia 60 tahun yang bukan tentara, tentara pria Israel.

Mengenai pembebasan tahanan Palestina dari penjara-penjara Israel, jumlah tersebut kabarnya akan disepakati terlebih dahulu antara Israel dan Hamas, khususnya mengenai berapa banyak untuk setiap sandera Israel di setiap kategori. Nama-nama tahanan tersebut juga akan disepakati dalam negosiasi terpisah.

Baca Juga: Sandera Israel di Gaza Jadi Target Serangan Tel Aviv

Proposal tersebut juga dilaporkan akan memungkinkan Tel Aviv untuk mengerahkan kembali pasukan militer Israel di Jalur Gaza, dan beberapa di antaranya akan pindah dari pusat populasi utama di wilayah yang terkepung untuk memfasilitasi kembalinya warga sipil Palestina secara bertahap ke kota Gaza dan bagian utara Gaza. Operasi militer Israel di Gaza diduga akan memiliki cakupan dan intensitas yang jauh lebih kecil setelah implementasi kesepakatan yang diusulkan.

Meskipun ini merupakan periode gencatan senjata terlama yang ditawarkan Israel kepada Hamas sejak mereka melancarkan pemboman dan perang di Gaza, perjanjian gencatan senjata penuh untuk mengakhiri konflik tidak akan menjadi bagian dari kesepakatan yang diusulkan.

Usulan Israel ini merupakan hasil mediasi yang dilakukan Qatar dan Mesir. Menurut para pejabat Israel, Tel Aviv sedang menunggu tanggapan dari Hamas sehubungan dengan perjanjian tersebut, meskipun Israel “sangat optimis”. (T/R7/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Tentara Israel Hancurkan 25 km Jalan di Jenin

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia