Pejabat Kurdi: Baghdadi 99 Persen Masih Hidup

Poster . (Foto: Getty)

 

Kobane, MINA – Agen kontra-terorisme pada hari Senin (17/7) mengatakan bahwa pemimpin tertinggi kelompok ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi 99 persen masih hidup.

“Baghdadi benar-benar hidup. Dia tidak mati. Kami memiliki informasi bahwa dia masih hidup. Kami percaya 99 persen dia masih hidup,” kata Lahur Talabany kepada media Inggris. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA.

Pernyataan itu memberikan keraguan atas klaim “substansial” atas dugaan kematian orang nomor satu ISIS tersebut.

Ada banyak laporan tentang kematian Baghdadi dalam beberapa bulan terakhir, termasuk oleh Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang mengklaim mendapat konfirmasi dari komandan ISIS di Suriah.

Rusia juga mengklaim telah membunuh Baghdadi pada bulan Juni, tapi tidak memberikan bukti untuk mendukung klaim mereka tersebut.

Sementara Talabany mengatakan bahwa Baghdadi masih hidup dan berada di sebelah selatan kota Raqqa di Suriah.

“Jangan lupa, akarnya kembali ke masa Al-Qaeda di Irak, dia bersembunyi dari petugas keamanan, dia tahu apa yang sedang dia lakukan,” katanya.

Menurutnya, ISIS sedang menggeser taktik menyusul kekalahan penting mereka di Mosul. Akan memerlukan waktu setidaknya tiga atau empat tahun untuk melenyapkan kelompok tersebut. (T/RI-1/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)