Pejabat-pejabat Senior Mesir, Yordania, Palestina, Bertemu di Kairo

Kairo, MINA – Pejabat-pejabat senior Mesir, Yordania dan Palestina membahas sejumlah proposal yang bertujuan untuk memecahkan kebuntuan dalam proses perdamaian Palestina-Israel.

Dalam pertemuan di Kairo, Senin (27/12), para menteri luar negeri Mesir dan Yordania, menteri urusan sipil Palestina, dan kepala dinas intelijen tiga negara, mengadakan pembicaraan untuk mengoordinasikan posisi dan visi tentang bagaimana menindaklanjuti hasil KTT tripartit.

KTT ini sebelumnya diadakan di Mesir pada bulan September, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Mesir.

Selama pertemuan Senin (27/12) itu, perwakilan dari tiga negara membahas perkembangan terakhir dalam perjuangan Palestina, cara untuk meningkatkan hubungan, kemajuan dalam proses perdamaian, dan upaya untuk mengkonsolidasikan persatuan nasional Palestina.

Para pejabat menilai situasi di Palestina mengingat langkah-langkah lanjutan yang merusak peluang mencapai perdamaian yang adil di wilayah Palestina yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur, dan konsolidasi gencatan senjata dan rekonstruksi komprehensif di Jalur Gaza, menurut pernyataan itu.

Pertemuan tersebut juga berfokus pada pembentukan cakrawala politik untuk mencapai perdamaian yang adil dan komprehensif berdasarkan solusi dua negara, yang akan menghasilkan pembentukan negara Palestina merdeka dengan Yerusalem Timur yang diduduki sebagai ibu kotanya, sesuai hukum internasional dan negara-negara Arab.

Pada 21 Mei, Mesir mensponsori perjanjian gencatan senjata antara Israel dan faksi-faksi bersenjata Palestina, yang dipimpin oleh Gerakan Perlawanan Islam (Hamas).

Gencatan senjata mengakhiri 11 hari pertempuran yang menyebabkan kematian lebih dari 250 warga Palestina dan 13 orang di Israel.

Negosiasi perdamaian antara Palestina dan Israel telah ditangguhkan sejak Maret 2014, setelah sembilan bulan pembicaraan yang disponsori oleh Amerika Serikat yang tidak menghasilkan pencapaian apa pun. (T/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.