Pejuang ISIS Muncul dari Terowongan untuk Menyerah

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi memburu pejuang ISIS yang tersisa di desa Baghouz, Suriah timur. (Foto: dok. Nahar Net)

Baghouz, Suriah, MINA – Pejuang kelompok Islamic State (ISIS) muncul dari terowongan untuk menyerah kepada Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi di Suriah timur pada Ahad (24/3).

Kejadian itu diungkapkan oleh Juru Bicara SDF Jiaker Ahmed sehari setelah “kekhalifahan” ISIS dinyatakan telah kalah dan benteng terakhirnya telah direbut.

Seorang wartawan AFP melihat lusinan orang – kebanyakan pria – keluar dari perkemahan ISIS yang diserang di desa terpencil Baghouz untuk naik truk pickup, demikian Nahar Net melaporkan.

“Mereka adalah pejuang ISIS yang keluar dari terowongan dan menyerah hari ini,” kata Ahmed. “Beberapa yang lain masih bisa bersembunyi di dalam.”

Serangan selama berbulan-bulan oleh SDF dinyatakan menang pada Sabtu (23/3), setelah jeda beberapa hari untuk mengizinkan warga sipil keluar dari wilayah yang dikepung dan pejuang ISIS bisa menyerahkan.

Menurut SDF, lebih dari 66.000 orang, sebagian besar warga sipil, telah keluar dari wilayah benteng terakhir ISIS sejak 9 Januari.

Mereka termasuk 5.000 anggota ISIS dan 24.000 kerabat mereka serta 37.000 warga sipil lainnya. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)