Pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin

Jakarta, MINA – Joko Widodo () dan Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 hari Ahad (20/10). akan digelar dalam sidang paripurna MPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Pelantikan rencananya dimulai pukul 13.00 WIB, anggota MPR dan tamu-tamu undangan hadir ke kompleks parlemen. Disusul kemudian para mantan presiden hadir pada 13.58 WIB, lalu Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir pada 14.02 WIB, Ma’ruf Amin pada 14.06 WIB, terakhir Jokowi hadir 14.10 WIB.

Pada pukul 14.20 WIB dijadwalkan presiden, wakil presiden, wakil presiden terpilih, mantan presiden, serta pimpinan MPR memasuki ruang sidang paripurna. Pada 14.36 WIB Ketua MPR akan membuka sidang paripurna MPR, kemudian dilakukan pembacaan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal hasil Pemilihan Presiden 2019.

Setelah pembacaan hasil keputusan KPU, akan dilakukan pengambilan sumpah presiden, diteruskan dengan pengambilan sumpah wakil presiden. Setelah pengambilan sumpah, pimpinan MPR akan menandatangani berita acara pelantikan, lalu menyerahkannya.

Di sela penyerahan berita acara ini, Jusuf Kalla (JK) akan bergantian tempat duduk dengan Ma’ruf Amin sebagai simbol serah terima jabatan. Posisi JK dan Ma’ruf sendiri selama pelantikan duduk berdampingan di sebelah kiri panggung. Sedangkan Jokowi di sebelah kanan panggung.

Setelah sidang dilanjutkan oleh pimpinan MPR, presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pertama di periode keduanya. Sidang paripurna pelantikan presiden-wakil presiden diperkirakan akan selesai pada 15.45 WIB, setelah pembacaan doa, dan penutupan sidang oleh ketua MPR.

Dihadiri 17 Kepala Negara

Ketua MPR Bambang Soesatyo, Sabtu (19/10), mengungkapkan bahwa ada 17 kepala negara, kepala pemerintahan, dan utusan khusus dari para negara tetangga yang akan turut hadir dalam pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Ia juga mengatakan akan hadir pula 168 Duta Besar negara-negara tetangga untuk Indonesia di pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Tak ketinggalan, para tokoh nasional, seperti Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Lalu, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno disebut akan menghadiri pelantikan presiden 2019.

Pelantikan akan berjalan dengan durasi sekitar satu jam. Ia pun berharap pelantikan Jokowi-Ma’ruf bisa berjalan dengan tertib, lancar, dan sesuai dengan segala persiapan yang sudah dilakukan.

Lebih lanjut, ia berharap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf ke depan bisa melanjutkan berbagai pencapaian yang sudah berhasil dilakukan oleh Jokowi-Jusuf Kalla (JK). Bahkan, bisa memberikan hasil yang lebih baik. Tantangan bagi Indonesia akan semakin sulit ke depan, dibutuhkan pemimpin yang solid untuk menaklukkan tantangan tersebut.

“Tantangan ke depan adalah ekonomi, perang dagang, dan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Kami harap pertumbuhan ekonomi dapat mencapai target dan harapan, bisa di atas 5 persen,” katanya. (L/R06/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)