Pelatihan Ilmu Falak Wilayah JTU, Peserta Belajar Praktek Rukyat Bulan

Semarang, MINA – Peserta pelatihan ilmu yang diselenggarakan Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Jawa Tengah Utara (JTU) melakukan praktek melakukan rukyat .

Praktek mengintip bulan in dilakukan pagi hari menjelang terbitnya matahari di pantai Marina Semarang, Sabtu (24/9).

Nara sumber pelatihan Najmu Idharul Haq mengatakan, praktek rukyat bulan di waktu pagi bertujuan untuk mengetahui jarak dan selisih waktu antara bulan dan matahari. Hasil pengamatan atau rukyat pagi saat matahari terbit itu dapat digunakan untuk pedoman dalam pelaksanaan rukyat sore hari menjelang matahari terbenam.

“Rukyat bulan pada pagi hari menjelang terbitnya matahari bisa membantu mempermudah saat rukyat sore hari,” katanya.

Menurutnya, rukyat bulan pada waktu pagi merupakan penemuan baru dari Abu Mukhtar Marsa’i pakar ilmu falak dari Jama’ah Muslimin (Hizbullah). Metode rukyat bulan waktu pagi iini berdasarkan metode ilmu falak Ibnu Syakir dari Damaskus.

“Ibnu Syakir merupakan ahli falak di zaman Abbasiyah, beliau seorang muadzin yang melakukan pengamatan bulan dan matahari kemudian dibuat catatan dalam bentuk lembaran-lembaran,” katanya.

Dikatakan, rukyat bulan pagi hari dapat dilakukan pada menjelang akhir bulan Hijriyah, atau mulai tanggal 26 hingga tanggal 29. Pengamatan bulan pada tanggal-tanggal tersebut selalu dicatat perubahan ketinggian dan jarak antara bulan dan matahari.

“Selanjutnya penentuannya tetap dengan melakukan rukyat bulan di sore hari saat matahari terbenam,” ujar Najmu.

Praktek rukyat bulan dilakukan dengan menggunakan teropong dan juga manual. Hal itu dimaksudkan agar peserta pelatihan dapat mengusai dan memahami pelaksanaan rukyat baik memakai teropong maupun dengan alat sederhana.

“Peserta kita berikan pengetahuan cara melakukan rukyat, baik memakai alat modern seperti teropong maupun dengan alat sederhana bahkan mata langsung,” jelas Najmu.

Pada kegiatan praktek rukyat bulan, peserta pelatihan satu persatuan dibimbing untuk melakukan pengamatan dan mncatatnya.

Imam Yakhsyallah Mansur dan Waliyullah Imam JTU Nurrohim juga ikut berbaur bersama peserta belajar praktek rukyat bulan. Peserta pun makin semangat untuk dapat menguasai ilmu falak yang jarang dimiliki oleh kebanyakan orang. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.