Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pelayaran Freedom Flotilla Ditunda Hingga Rabu 24 April

Nur Hadis - Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

7 Views

Istanbul, MINA – Panitia Freedom Flotilla Coalition (FFC) menunda misi pelayaran menembus blokade Gaza ini hingga Rabu (24/4) mendatang.

Wartawan MINA di Istanbul, Nurhadis melaporkan Panitia Pengarah FFC, Ann Wright dihadapan peserta FFC, Jum’at (19/4) sore mengumumkan penundaan ini terkait dengan beberapa pertimbangan.

“Perlu diketahui bahwa kami sedang menyelesaikan masalah teknis yang tersisa dan mengevaluasi lingkungan politik baik di Türkiye maupun kawasan,” katanya.

Hal ini juga merujuk pada memanasnya situasi di kawasan pasca serangan kembali Israel ke Iran.

Baca Juga: Komunitas Palestina di Jerman Unjuk Rasa Kutuk Agresi Israel

Serangan tersebut dilatarbelakangi oleh serangan awal yang dilancarkan Israel di Suriah yang mengakibatkan dua orang Komandan pasukan Iran meninggal dunia.

Iran membalas serangan tersebut dengan mengirimkan roket dan drone bunuh diri ke Israel yang kemudian menyebabkan Israel kembali menyerang Iran.

Salah seorang peserta FFC dari perwakilan NGO Maemunah Center (Mae-C) Indonesia, Rizal Abdul Latif mengatakan akan tetap menunggu kepastian keberangkatan, mengingat ada peserta dari negara lain yang menyatakan mundur tidak bisa mengikuti misi ini jika ditunda hingga beberapa hari.

“Memang situasi terus berubah dalam misi-misi kemanusiaan seperti ini dan kami harus siap. Tapi kami akan maksimal berupaya untuk membantu saudara di Gaza Palestina melalui misi FFC ini sebagai wujud pengamalan Ukhuwah,” katanya.

Baca Juga: Puluhan Keluarga di Gaza Kembali Tinggalkan Rumah Akibat Serangan Udara Israel

Selain situasi politik di kawasan, dan juga alasan teknis persiapan kapal, panitia FFC juga terus berkoordinasi dengan pemerintah Turkiye agar mendukung dan mengizinkan armada bantuan ini berlayar dari Turkiye untuk menembus blokade Gaza.

Semula, pelayaran kapal FFC diagendakan pada Ahad (14/4) namun tertunda hingga Ahad (21/4) sebelum akhirnya panitia kembali mengumumkan penundaan pelayaran hingga batas yang telah ditentukan. (L/B03/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Irlandia Tolak Tarik Pasukan Penjaga Perdamaiannya dari Perbatasan Lebanon

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Dunia Islam
Internasional
Internasional
Internasional
Internasional
MINA Preneur
Indonesia
Palestina
MINA Sport