Pemasangan Tenda Bantuan Indonesia Terkendala Cuaca dan Medan Buruk

Foto: Kemlu RI

Dhaka, MINA – “Upaya pemasangan tenda hari ini terkendala hujan lebat. Distribusi barang bantuan yang hari ini dapat dilaksanakan hanyalah makanan siap saji dan family kit,” demikian disampaikan oleh Dubes RI untuk , Rina Soemarno.

Rencana pemasangan 5 tenda di lokasi pengungsian, Rau (20/9) batal dilaksanakan. Lokasi pemasangan tenda adalah di Ukhia, Teknaf, yang merupakan salah satu kamp besar yang menerima pengungsi baru. Ukhia sendiri berada hanya 4 km dari perbatasan dengan Myanmar. Demikian keterangan pers Kemlu RI yang diterima MINA.

Hujan lebat sejak siang menyebabkan jalanan penuh lumpur, sulit untuk dilewati truk pembawa tenda. Hujan lebat juga mengurangi jarak pandang, sehingga truk-truk tersebut harus berjalan perlahan. Truk baru bisa sampai ke lokasi pada pukul 18.00 waktu setempat. Oleh karena itu sudah tidak mungkin memasang tenda tanpa penerangan yang baik.

Pendistribusian bantuan dari Indonesia pada Selasa (19/9) dipusatkan di 7 lokasi di upazila (sub-Distrik) Ukhia. Bantuan yang diberikan adalah beras yang sudah dimasak menjadi nasi Kichuri di dapur umum upazila.

Disampaikan oleh Additional Deputy Commisioner of Cox’s Bazar, Mahidur Rahman, pendistribusian nasi Kichuri untuk Rabu (20/9) telah diperluas mencapai 12 lokasi, yaitu dengan tambahan 5 lokasi di upazila Teknaf.

Barang yang akhirnya dapat didistribusikan pada hari ini hanyalah makanan siap saji dan family kit yang berisi barang-barang kebersihan pribadi. Pembagian itu pun dilaksanakan dengan penerangan yang terbatas. Pemasangan tenda direncanakan akan dicoba kembali besok (21/9).(R/R04/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA) 

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.