Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Barakah Peran Kunci Ketahanan Energi dan Keberlanjutan UEA

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Barakah di Abu Dhabi, UEA.(Foto: WAM)

Abu Dhabi, MINA – Pembangkit Listrik Tenaga memainkan peran kunci dalam menghasilkan energi dan mencapai pembangunan berkelanjutan dengan menghasilkan listrik bebas karbon yang cukup untuk jaringan listrik UEA, di bawah pendekatan terpadu untuk sumber energi terbarukan.

Ini juga memperkuat posisi terdepan Abu Dhabi dan UEA di sektor energi ramah lingkungan regional dan internasional.

Dalam laporan Kantor Berita Emirat (WAM) yang dikutip MINA, Sabtu (13/5), Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Barakah mempunyai peran strategis dalam menghasilkan energi dan mencapai pembangunan berkelanjutan.

Perusahaan Air dan Listrik Emirates (EWEC) belum lama ini mengumumkan, energi nuklir dan matahari menyediakan lebih dari 80 persen dari total permintaan listrik, dengan kapasitas produksi sekitar 6,2 gigawatt (GW) dari total permintaan sebesar 7,7 GW.

Tagihan listrik yang dikeluarkan oleh EWEC untuk Februari 2023 mencakup perincian penting tentang sumber tenaga listrik yang disalurkan ke konsumen di negara tersebut, yang menunjukkan bahwa 10 persen listrik yang dikonsumsi berasal dari energi matahari, 42 persen dari gas, dan 48 persen dari energi nuklir.

Menurut laporan buletin mingguan spesialis energi, MEES, mengutip laporan dari EWEC, total 94,5 terawatts (TW) listrik diproduksi di Abu Dhabi pada tahun 2022 dari total 145 TW yang diproduksi di negara tersebut.

Setelah dua reaktornya mulai beroperasi, Barakah menghasilkan lebih dari 20 TW listrik per jam, terhitung hingga 22 persen.

Sebagai perbandingan, Kompleks Pembangkit Listrik dan Air Fujairah menduduki peringkat kedua dengan 12 TW per jam. Barakah adalah sumber listrik ramah lingkungan terbesar di UEA dan kawasan tersebut.

Laporan tersebut juga menyebutkan kontribusi Barakah dan PLTS di Abu Dhabi mencapai 24,3 persen dari total listrik yang diproduksi pada 2022, naik dari 13,4 persen pada 2021

Hal ini menyebabkan penurunan konsumsi gas yang digunakan untuk produksi listrik di Abu Dhabi ke tingkat yang tidak terlihat dalam 11 tahun, turun dari 2,2 miliar kaki kubik (cf) pada 2021 menjadi 1,9 miliar cf pada 2022.

Menurut laporan MEES, Barakah dan pembangkit listrik tenaga surya akan menyediakan lebih dari 30 persen dari total daya yang dihasilkan di Abu Dhabi dan Fujairah pada tahun 2023.

Reaktor ketiga Barakah mulai beroperasi secara komersial pada bulan Februari, menambah 1.400 MW listrik bersih.

Direktur Pelaksana dan CEO ENEC, Mohamed Ibrahim Al Hammadi, mengatakan, Barakah memainkan peran kunci dalam mengamankan energi dan mencapai tujuan transisi energi bersih dan netralitas iklim UEA pada tahun 2050, menekankan pentingnya menggabungkan sumber energi nuklir dan terbarukan untuk meningkatkan pangsa energi bersih di negara dan daerah.

Reaktor Barakah adalah landasan pembangunan berkelanjutan negara, karena mereka memainkan peran utama dalam mengurangi emisi karbon sektor energi.

Saat beroperasi penuh, keempat reaktor tersebut akan memenuhi 25 persen komitmen negara untuk mengurangi jejak karbonnya pada tahun 2030 sambil memiliki signifikansi geopolitik dalam mengekspor listrik bersih ke dunia, tambahnya.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Barakah di Al Dhafra, Abu Dhabi, mendorong inovasi dalam transisi ke energi bersih, termasuk model reaktor mini-modular dan reaktor generasi berikutnya, serta menciptakan peluang untuk sumber energi bebas karbon baru, seperti hidrogen.

Barakah, landasan program nuklir damai UEA, memberikan energi yang bersih dan melimpah ke negara tersebut dan memainkan peran kunci dalam mengurangi emisi karbon. (R/R1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.