Angkatan Laut AS Umumkan Pengiriman Kapal Selam Nuklir ke Timur Tengah

Ilustrasi: Kapal selam AS. (Gambar: dok. AA)

Florida, MINA – telah mengirim ke Timur Tengah, Anadolu Agency melaporkan.

“Pada tanggal 5 November 2023, sebuah kapal selam kelas Ohio tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat AS,” kata Komando Pusat AS (CENTCOM) pada Ahad malam di X.

Sejak kelompok Palestina Hamas melancarkan Operasi Badai Al-Aqsa melawan Israel pada 7 Oktober, AS telah mengirim dua kapal induk ke wilayah tersebut.

Sebelumnya, Menteri Kebudayaan Israel Amihai Eliyahu mengatakan, serangan nuklir di Jalur Gaza sesuatu yang mungkin dilakukan mengingat agresi yang sedang berlangsung terhadap rakyat Palestina.

Menteri ekstremis partai Otzma Yehudit itu ditanya dalam sebuah wawancara dengan Radio Kol Berama, apakah bom atom harus dijatuhkan di Gaza. Dia menjawab dengan mengatakan, itu adalah salah satu kemungkinan.

Pernyataan Eliyahu itu tidak hanya membuat pihak Palestina marah dan mengutuk komentar tersebut, tetapi turut memancing reaksi keras dari dunia internasional.

Itu membuat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bereaksi. Ia dilaporkan mendisiplinkan Eliyahu dengan memberhentikannya.

“Pernyataan Eliyahu tidak didasarkan pada kenyataan,” kata kantor Netanyahu yang dikutip Senin (6/11).

Eliyahu sendiri disebut tidak berada di kabinet perang, satuan yang dibuat Netanyahu untuk menjalankan perang Gaza. Ia pun dikatakan tidak mempunyai pengetahuan mendalam mengenai kemampuan nuklir Israel, yang tidak diakui secara publik. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.