Pemerintah Suriah Tukar Tawanan dengan Oposisi

Presiden Suriah bertemu dengan mantan sandera yang dibebaskan oleh oposisi Suriah di Latakia, Kamis, 9 Februari 2017. (Foto: AP)

 

Damaskus, 16 Jumadil Awwal 1438/14 Februari 2017 (MINA) – Pemerintah Suriah siap untuk melepaskan tahanan dalam pertukaran sandera yang ditahan oleh oposisi, kantor berita resmi SANA melaporkan Senin (13/2) menjelang pembicaraan perdamaian di Astana, ibukota Kazakhstan.

“Sebagai bagian dari upaya menuju pertemuan berikutnya di Astana, pemerintah siap untuk bertukar tahanan pria, wanita dan anak-anak – warga sipil dan tentara – yang diculik oleh teroris,” kata SANA, mengacu pada pihak oposisi.

Pemerintah Kazakhstan telah mengundang pejabat pemerintah dan oposisi Suriah untuk pembicaraan damai lanjutan pada hari Rabu dan Kamis (16/2) di Astana, demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip MINA.

Pertemuan sebelumnya telah dilaksanakan pada bulan yang lalu di kota yang sama melalui prakarsa Rusia selaku pendukung pemerintah Suriah dan Turki selaku pendukung oposisi.

Pada Rabu pekan lalu, pemerintah menyerahkan 55 tahanan yang kebanyakan perempuan dan delapan anak dalam pertukaran bagi pembebasan 57 warga sipil lainnya, termasuk 19 anak   dari kota pesisir Latakia yang telah dikuasai oleh oposisi sejak 2013.

Terpublikasi gambar siaran media resmi yang menunjukkan Presiden Bashar Assad dan istrinya Asma menerima para mantan sandera.

Pengumuman pertukaran tawanan muncul setelah Assad menepis laporan yang dirilis pekan lalu oleh Amnesty International yang menuduh pemerintah Suriah menggantung hingga 13.000 orang selama lima tahun di penjara pemerintah.

nantinya akan diikuti dengan putaran baru pembicaraan perdamaian yang disponsori PBB di Jenewa pada 20 Februari. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.