Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua MUI KH Yusnar Yusuf dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher memberikan keterangan pers usai sidang isbat di Auditorium HM Rasyidi, Gedung Kemenag, Jakarta, Senin (3/6/2019). Pemerintah menetapkan awal Syawal 1440H jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

Jakarta, MINA – Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah jatuh pada Rabu (5/6). Hal tersebut berdasarkan hasil yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah pihak berdasarkan pemantauan hilal di 33 provinsi di Indonesia.

“1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Auditorium HM Rasyidi, Gedung Kemenag, Jakarta, Senin (3/6).

Ia mengatakan, ada 105 titik lokasi pemantauan hilal yang tersebar di 33 Provinsi Indonesia. Di setiap titik, Kemenag mengutus petugas rukyatul hilal yang bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas. Dari pantauan itu, hilal tidak terlihat jelas dan masih berada di bawah posisi 2 derajat.

“Posisi hilal berada di bawah ufuk, maka ketika hal itu terjadi, Ramadhan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Karena itu, besok kita masih puasa,” kata Menag.

Gelaran Sidang Isbat Idul Fitri tersebut dihadiri oleh pakar Ilmu Falak, ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, serta tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Selain itu, hadir juga Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Planetarium.

Hadir pula duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sebelumnya, para peserta mendengarkan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1440 H.

Atas keputusan tersebut, maka 1 Syawal 1440 H yang ditetapkan pemerintah bersamaan dengan keputusan ormas Islam Muhammadiyah.

Dengan begitu, malam ini merupakan Shalat Tarawih terakhir Ramadhan tahun ini. (L/Sj/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.