Pemerintah Turkiye Apresiasi BAZNAS Bantu Korban Gempa

Pemerintah Turkiye Apresiasi BAZNAS Bantu Korban Gempa (foto: Humas BAZNAS RI)

Ankara, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI mendapat apresiasi dari Pemerintah Turkiye, atas aksi kemanusiaannya membantu korban gempa di negara tersebut.

Apresiasi itu diberikan oleh Erhan Yildirim yang merupakan perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Turkiye, saat mengantar kepulangan tim pertama BAZNAS di Bandar Udara Istanbul Atatürk, Turki, Sabtu waktu setempat (18/2).

“Alhamdulillah Pemerintah Turki sangat mengapresiasi langkah BAZNAS yang telah membantu korban gempa Turki. Selain itu, kami juga mendapat sambutan hangat disertai tepuk tangan yang riuh, selama berada di bandara saat akan kembali pulang ke Indonesia,” kata Direktur Pendistribusian BAZNAS RI, Ahmad Fikri, dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Senin (20/2).

Baca Juga:  Saudi Tegaskan Tak Akan Normalisasi Tanpa Negara Palestina

Fikri menambahkan, Pemerintah Turkiye yang diwakili Erhan Yildirim sangat mengapresiasi Indonesia yang bergerak cepat membantu Turki sesaat setelah gempa melanda. Di masa sulit itu, Indonesia menjadi salah satu yang terdepan dalam memberikan bantuan.

“Di kala kesulitan, mereka bangga kepada saudaranya yang dengan tulus datang jauh-jauh dari Indonesia ke Turkiye. Mr Erhan Yildirim juga dekat dengan beberapa ulama tanah air, jadi kedekatannya dengan Indonesia sudah terjalin sejak lama,” kata Fikri.

Kepulangan tim BAZNAS ke Indonesia tidaklah menyudahi bantuan yang diberikan kepada para penyintas gempa Turki. Melalui sinergi dengan sejumlah pihak, BAZNAS akan terus melayani korban terdampak melalui bantuan yang disalurkan secara berkala. BAZNAS juga akan mengirimkan tim kedua yang diterjunkan ke lokasi bencana di Turkiye.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Kewajiban Menjaga Tempat-tempat Mulia

“BAZNAS akan terus membantu Turkiye dan Suriah secara bergelombang dengan berkoordinasi kepada KBRI dan BNPB, agar bantuan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan. Semoga niat baik kita semua senantiasa diberi kemudahan,” pungkasnya.

Selama di Turkiye, BAZNAS telah menyalurkan ribuan paket bantuan seperti makanan, kebutuhan dasar seperti paket kebersihan diri dan perlengkapan musim dingin. Selain diberikan langsung kepada penyintas bencana, sebanyak 14 ton bantuan berupa makanan, air mineral dan selimut dari BAZNAS diserahkan kepada Pemerintah Turkinya yang diterima langsung oleh perwakilan dari kementerian sosial dan keluarga Turkiye. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi