BAZNAS Akan Bantu Pembangunan Kembali RS Indonesia di Gaza

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI berencana untuk membantu pembangunan kembali rumah sakit (RS) Indonesia di Gaza yang hancur akibat serangan militer pendudukan Israel.

“Kita akan membangun kembali Rumah Sakit Indonesia yang hari ini hancur. Kita akan membangun kembali Masjid Istiqlal dan sekolah-sekolah,” kata Wakil Ketua BAZNAS RI Mokhamad Mahdum kepada wartawan usai menghadiri pelepasan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 yang membawa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Gaza.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto didampingi oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, secara simbolis melepas KRI dr. Radjiman di Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Kamis (18/1).

BAZNAS akan membangun kembali RS Indonesia, Masjid Istiqlal di Gaza dan sekolah-sekolah yang hancur akibat serangan Israel setelah perang usai.

Mahdum juga menjelaskan, bantuan untuk Palestina yang diterima BAZNAS akan dibagi menjadi tiga, yakni untuk kedaruratan sebanyak 30-40 persen, untuk pemulihan sebesar 20-30 persen dan sisanya untuk rekonstruksi.

Hingga saat ini, bantuan masyarakat Indonesia untuk Palestina yang dititipkan melalui BAZNAS RI sebanyak Rp 250 miliar dan akan terus bertambah karena donasi masih dibuka.

Sejauh ini, BAZNAS telah menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Gaza baik menggunakan pesawat, kapal maupun lewat kerja sama dengan lembaga kemanusiaan terpercaya di Mesir.

Sebelumnya, Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MERC) dr. Sarbini Abdul Murad menyampaikan, kondisi terkini RS Indonesia di Jalur Gaza masih dijadikan markas tentara pendudukan Israel (IDF).

Kondisi fisik rumah sakit kebanggaan rakyat Indonesia tersebut saat ini, kata Sarbini, setengah hancur karena dihantam oleh mortir dan meriam militer Israel.

Oleh karena itu, Sarbini meminta bantuan dan dukungan dari rakyat Indonesia agar RS Indonesia bisa difungsikan kembali. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.