Pemimpin Dunia Hadiri Konferensi Berlin Bahas Libya

Berlin, MINA – Para pemimpin dunia menghadiri konferensi di Berlin, Jerman, membahas masalah Libya pada Ahad (19/1), upaya untuk mengakhiri konflik di Libya.

Pemimpin yang hadir termasuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Perancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Pemerintah Jerman juga mengundang negara-negara anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tokoh-tokoh regional, dan pejabat negara-negara tetangga untuk menghadiri konferensi.

Fayez al-Sarraj, Perdana Menteri Libya dari pemerintah yang diakui internasional, dan komandan Khalifa Haftar diperkirakan akan menghadiri konferensi tersebut, demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

Kanselir Angela Merkel bersama dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan menjadi tuan rumah konferensi tersebut.

Konferensi Berlin bertujuan menemukan solusi politik, mencapai gencatan senjata permanen, dan mematuhi embargo senjata PBB.

Erdogan dan Putin, yang menjadi perantara gencatan senjata sementara akhir pekan lalu, mendesak masyarakat internasional untuk bekerja sama mengakhiri kekerasan di Libya.

“Dunia belum melakukan cukup banyak upaya untuk mendukung diplomasi dan dialog di Libya,” ujar Erdogan dalam editorial yang ditulisnya untuk Politico.

Pemerintah Libya yang diakui secara internasional telah diserang oleh pasukan Haftar sejak April tahun lalu.

“Turki mendukung penuh pemerintah Libya yang didukung PBB. Mereka adalah pemerintah yang sah,” kata presiden Turki jelang konferensi tersebut. (T/R4/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)