Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PEMIMPIN TATAR CRIMEA DILARANG MASUK CRIMEA

Rudi Hendrik - Ahad, 6 Juli 2014 - 20:25 WIB

Ahad, 6 Juli 2014 - 20:25 WIB

623 Views

Refat Chubarov, pemimpin rakyat Tatar Crimea (Gambar: www.lenta-ua.net)
<a href=

Refat Chubarov, pemimpin rakyat Tatar Crimea (Gambar: www.lenta-ua.net)" width="236" height="147" /> Refat Chubarov, pemimpin rakyat Tatar Crimea (Gambar: www.lenta-ua.net)

Simferopol, Ukraina, 8 Ramadhan 1435/6 July 2014 (MINA) – Pemimpin gerakan nasional Tatar Crimea, Refat Chubarov, dikenakan larangan memasuki Crimea selama lima tahun oleh pemerintah semenanjung pro-Rusia itu.

“Jaksa Agung Crimea Natalia Poklonskaya bertemu Chubarov di perbatasan Ukraina-Crimea dan membacakan peringatan aktivitas ekstrimis. Kemudian, Chubarov diberikan catatan yang melarang dia memasuki Crimea selama 5 tahun,” Kantor Berita Crimea melaporkan Sabtu (5/7).

Sejak November 2013, Chubarov menjabat sebagai Ketua Mejlis Rakyat Tatar Crimea. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Tertinggi Crimea 1995-1998 dan sebagai Wakil Rakyat Ukraina 1998-2007.

Ia juga menjabat sebagai Presiden Kongres Tatar  Crimea Seluruh Dunia sejak 2009. Pada tahun 2014, ia menyebut referendum Crimea adalah “sirkus” dan sebuah tragedi.

Baca Juga: Finlandia Minta Uni Eropa Perluas Sanksi terhadap Israel

Menurutnya pemerintahan sekarang adalah pemerintahan yang tidak sah dengan angkatan bersenjata dari negara lain.

Mantan Ketua Majelis Nasional Tatar Crimea, Mustafa Dzhemilev, juga dilaporkan ditolak masuk ke semenanjung pada awal Mei, Anadolu Agency yang dikutip Kantor Berita Islam Mi’raj (MINA).

Rusia mencaplok Crimea setelah referendum kontroversial diselenggarakan di semenanjung pada 16 Maret setelah terjadi krisis politik di Ukraina.

Semenanjung Tatar Crimea berpenduduk 300.000 jiwa dan sebagian besar memboikot referendum, yang dikecam sebagai “ilegal” oleh Ukraina dan negara Barat.

Baca Juga: Macron Desak Israel Patuhi Keputusan PBB

Tatar Crimea adalah penduduk asli Crimea sejak invasi gerombolan Mongol di abad ke-13. (T/P09/R2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: PM Italia: Pasukan UNIFIL Tidak Boleh Ditarik

Rekomendasi untuk Anda

Eropa
Eropa
Eropa
Eropa
Eropa
LAUT HITAM
Ekonomi