SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemkab Bekasi Sediakan 1.000 Beasiswa Bagi Pelajar

kurnia - Jumat, 28 Juni 2024 - 19:15 WIB

Jumat, 28 Juni 2024 - 19:15 WIB

0 Views ㅤ

Bekasi, MINA – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyiapkan kuota khusus bantuan pendidikan berupa 1.000 paket beasiswa bagi pelajar dari keluarga prasejahtera yang ingin melanjutkan studi di sekolah swasta daerah itu.

Beasiswa khusus ini ditujukan bagi pelajar dari keluarga prasejahtera yang tidak diterima saat mendaftar di sekolah negeri pada proses PPDB tahun ajaran 2024/2025 dan ingin melanjutkan studi di sekolah swasta,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi Heri Herlangga di Cikarang, Jumat (28/6).

Heri Herlangga menjelaskan, orangtua maupun wali murid calon penerima bantuan dapat mengajukan permohonan beasiswa ini kepada pihak sekolah maupun Disdik Kabupaten Bekasi.

Permohonan tersebut kemudian akan diverifikasi menyangkut data calon penerima saat dinyatakan tidak diterima pada proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah negeri jalur afirmasi dan disandingkan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: MUI Serukan Pencegahan Kekerasan Seksual di Pesantren dan Masyarakat

“Dicek dahulu identitasnya tercantum atau tidak di dua data itu, karena sasaran program beasiswa ini memang disiapkan untuk mengantisipasi siswa tidak mampu yang terpaksa bersekolah di swasta lantaran gagal di PPDB,” katanya.

Heri mengaku, program ini bisa dijadikan pintu darurat bagi para pelajar agar tetap bersekolah tanpa memikirkan biaya yang harus dikeluarkan, meski tidak mencakup keseluruhan baik secara materi maupun cakupan jumlah pelajar tidak mampu.

“Walaupun belum untuk semua, tapi Alhamdulillah kami sudah menyiapkan pintu daruratkalau tidak masuk ke negeri, bahwa untuk yang swasta kami sudah antisipasi,” katanya.

Program beasiswa ini siap direalisasikan karena telah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi 2024.

Baca Juga: Dewan Masjid Al-Haqqul Mubbiin Khitan 400 Anak Dhuafa

Program ini disalurkan bagi siswa tidak mampu jenjang sekolah dasar, menengah pertama, maupun kesetaraan.

“Kesetaraan yang dimaksud seperti yang masuk SMP negeri tidak, ke swasta juga tidak, tapi mengambil paket B, juga ada alokasi beasiswa,” ucapnya.

Disdik Kabupaten Bekasi memastikan program beasiswa ini bakal digulirkan secara berkelanjutan demi memastikan seluruh siswa di Kabupaten Bekasi bisa belajar tanpa kesulitan biaya.

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pondok Tahfizh Al-Fatah Muaro Jambi Luluskan Angkatan Pertama

Rekomendasi untuk Anda