Pemungutan Suara Resolusi DK PBB Soal Gaza Digelar Pekan Depan

New York, MINA- Pemungutan suara di forum Dewan Keamanan PBB untuk yang menyerukan penghentian sementara pertempuran dan pengiriman bantuan ke Gaza diputuskan dilakukan pekan depan setelah ditunda tiga kali berturut-turut.

Al-Jazeera melaporkan, penundaan terjadi saat Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memperingatkan semakin memburuknya situasi di pemukiman Palestina yang dibombardir Israel sejak 7 Oktober lalu.

Rancangan resolusi itu pertama kali tersebar pada 8 Desember setelah Amerika Serikat (AS) memvetonya yang mendorong gencatan senjata di Gaza.

Resolusi yang diajukan UEA pada 8 Desember menyerukan gencatan senjata kemanusiaan antara Israel dan Hamas dan diveto AS, sementara Inggris abstain. Seluruh 13 anggota Dewan Keamanan lainnya memberikan suara untuk resolusi tersebut.

Lembaga think-tank independen yang mengawasi Dewan Keamanan PBB, Security Council Report (SCP) mengatakan atas permintaan beberapa negara termasuk Prancis, Jepang, Inggris dan AS rancangan terbaru menambah kalimat pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera yang ditahan pejuang Palestina. (R/P2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.