Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Juara Umum ASEAN University Games 2024

Lailatul Mukarromah - Sabtu, 6 Juli 2024 - 02:34 WIB

Sabtu, 6 Juli 2024 - 02:34 WIB

18 Views

(Foto: ASEAN University Games 2024)

Jakarta, MINA – Kontingen Indonesia berhasil mengunci status juara umum dalam ASEAN University Games (AUG) 2024 setelah mengumpulkan total 100 emas, 79 perak, dan 53 perunggu.

Posisi Indonesia di puncak klasemen tak tergoyahkan meski AUG 2024 baru rampung bergulir pada Sabtu (6/7).

Jumlah medali yang diraih Indonesia jauh di atas Thailand yang menempati peringkat kedua dengan 36 emas, 34 perak, dan 24 perunggu. Sementara Malaysia menduduki posisi ketiga dengan 28 emas.

Selain posisi tiga besar tidak ada lagi negara-negara yang mengumpulkan emas sebanyak double digit. Singapura dan Vietnam, yang ada di peringkat keempat dan kelima, sama-sama mengumpulkan sembilan emas.

Baca Juga: Presiden FIFA Bertemu Ketum PSSI di Olimpiade Paris 2024

Ketua Kontingen Indonesia Del Asri bersyukur dengan status juara umum yang telah dikunci oleh Merah Putih.

“Alhamdulillah, hari ini Kontingen Mahasiswa Indonesia bisa memastikan meraih target Juara Umum 21st AUG 2024 Surabaya-Malang saat masih ada 50 nomor pertandingan yang akan diperebutkan,” ujarnya.

“Semua ini bisa dicapai karena kerja keras dan semangat juang tinggi dan performa luar biasa dari para atlet mahasiswa Indonesia saat pertandingan. Peran penting juga para pelatih cabang olahraga dalam mempersiapkan para atlet saat persiapan dan mengatur strategi jitu saat pertandingan,” ujarnya.

“Jangan dilupakan juga tim pendukung sports science yang komplet mulai dari sports analyst, dokter spesialis kesehatan olahraga, psikolog olahraga, fisioterapi, paramedis dan masseur,” lanjutnya.

Baca Juga: Palestina Kirim 6 Atlet ke Olimpiade Paris 2024

Dalam dua hari terakhir penyelenggaraan AUG 2024, kontingen Indonesia bertekad mencatatkan rekor baru.

“Masih ada target medali emas dalam dua hari ke depan. Selain itu, masih ada satu target lagi yang bisa kita kejar, yakni memecahkan rekor raihan emas terbanyak yang pernah dibuat Kontingen Indonesia di AUG Thailand sebelumnya, yakni 109 emas,” kata Del Asri.

Kontingen Indonesia berkekuatan 392 atlet yang turun di 247 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga yang dipertandingkan di ASEAN University Games 2024. []

Mi’raj News Agency (MINA) 

Baca Juga: Jadwal Sepak Bola Putra Olimpiade Paris 2024

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
Indonesia
Asia
Indonesia