Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PENGAMAT: SESALKAN HUKUMAN MATI TERHADAP MURSI OLEH PENGADILAN MESIR

kurnia - Rabu, 20 Mei 2015 - 08:55 WIB

Rabu, 20 Mei 2015 - 08:55 WIB

629 Views ㅤ

Sekretaris Jenderal MUI Dr. KH. Anwar Abbas (Foto : MUI)
Ketua Komisi Bidang Pendidikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr. KH. <a href=

Anwar Abbas (Foto : MUI)" width="300" height="225" /> Ketua Komisi Bidang Pendidikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr. KH. Anwar Abbas (Foto : MUI)

Jakarta, 1 Sha’ban 1436/19 Mei 2015 (MINA) – Pengamat dunia Islam, Dosen Pasca Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Anwar Abbas mengatakan, vonis hukuman mati oleh pengadilan Mesir terhadap presiden terpilih secara sah, Muhammad Mursi jelas sangat disesalkan.

“Adanya kepentingan politik Abdel Fattah alSisi atau militernya, untuk dapat mempertahankan hegemoninya dalam kehidupan politik jelas lebih mengemukan dari aspek keadilannya”, kata Anwar Abbas kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Jakarta, Selasa (19/5).

“Kita tidak menolak hukuman mati, yang kita tolak adalah adanya ketidakadilan dalam penjatuhan hukuman mati tersebut,” tegas Anwar Abbas.

Seperti diketahui penyebab terjadinya kerusuhan beberapa waktu lalu di Mesir, telah menyebabkan jatuhnya banyaknya korban tewas bukanlah Mursi dan atau kelompok ikhwanul Muslimin (IM).

Baca Juga: Israel Bom Sekolah di Gaza, Delapan Warga Syahid

Namun, adalah militer Mesir yang ingin kembali berkuasa setelah Arab Spring yang didukung kelompok Ikhwanul Muslimin berhasil menjatuhkan presiden Husni Mubarak. Tampilnya Mursi sebagai presiden lewat sebuah proses pemilihan yang demokratis semestinya harus dihormati.

Tetapi bagi militer tampaknya hal demikian sangat mengusik kepentingan mereka, untuk itulah Al Sisi melakukan kudeta agar militer kembali berkuasa di negeri piramid tersebut.

Anwar Abbas menjelaskan, tindakan Al Sisi ini jelas tidak bisa diterima Ikhwanul Muslimin dan mereka pun melakukan perlawanan dalam rangka mengambil haknya. Tetapi Al Sisi menangkap tokoh-tokoh IM termasuk Mursi dan menjatuhkan hukuman mati terhadap mereka.

Hal ini jelas-jelas mencerminkan tingginya syahwat penguasa, sebagaimana mereka melakukan segala cara untuk mempertahankan kekuasaannya dengan mempermainkan jiwa dan nyawa manusia.

Baca Juga: Uganda Bertekad Gelorakan Semangat KAA

“Kita meminta dunia internasional untuk mengutuk keputusan pengadilan Mesir yang secara ketidakadilan telah menjatuhkan hukuman mati terhadap lawan-lawan politiknya,” tandasnya. (L/P002/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: Presiden Biden Positif COVID-19 Saat Kampanye di Las Vegas

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
MINA Preneur
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health